A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Alumni Jeumala Amal Banyak di Luar Negeri - Serambi Indonesia
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Serambi Indonesia

Alumni Jeumala Amal Banyak di Luar Negeri

Rabu, 3 Agustus 2011 09:27 WIB
Alumni Jeumala Amal Banyak di Luar Negeri - 030811foto.8_.jpg
Para Santri belajar mengaji
NAMA Jeumala Amal merupakan perpaduan bahasa Aceh dan Arab. Jeumala artinya sesuatu yang tinggi dan mulia. Sedangkan Amal perbuatan dilakukan mengharap ridha Allah SWT. Diharapkan dengan nama itu mewujudkan obsesi tersebut.

Dayah Jeumala Amal berdiri tahun 1987 oleh yayasan Teungku Laksamana Haji Ibrahim (Yaslak) dan diresmikan oleh Gubernur Aceh Prof Dr Ibrahim Hasan MBA, 2 Januari 1988.

Di awal tahun lalu, sejumlah santri mondok di rumah-rumah penduduk sekitar karena asrama sedang dibangun. Kemudian lambat laun kedudukan dayah kian pesat hingga sekarang memiliki dua asrama putra dan putri.

Dayah Jeumala Amal saat ini tercatat sebagai salah satu dayah terpadu pesantren modern. Di tengah-tengah kampus juga sudah berdiri satu Masjid Raudatud Zahra dan Rumoh Aceh sebagai pelambang tempat ibadah.

Santri DJA terdiri dari 1.025 orang, masing-masing 525 putra dan 501 putri. Rinciannya, tingkat tsanawiyah 550 dan Aliyah 475 orang. Para santri di bawah asuhan 145 guru. Sejak tahun 1993 hingga sekarang ini sudah lahir sebanyak 10 ribu lebih lulusan.  

Direktur Dayah Jeumala Amal, Tgk Anwar Yusuf MA mengatakan, tahun ini sebanyak tujuh alumnus DJA diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Nanggroe Aceh Darussalam dan Pulau Jawa untuk melanjutkan studinya. Mereka lulus undangan.

Ketujuh siswa lulus di PTN itu adalah Zikrillah mendapat beasiswa di Universitas Indonesia Jakarta. “Selain lulus undangan mereka juga mendapat Beasiswa dari Kementerian Agama RI hingga selesai kuliah nanti,” katanya.

Selebihnya enam orang lagi Husnul Khatimah FKIP Biologi Universitas Syiah Kuala, Mudassir FKIP Geografi, Munadil Haq Teknik Mesin. Selanjutnya M Iqbal Teknik Arsitektur, M Nazar Teknik Sipil dan Safrina D3 Perpajakan.

Keenam nama terakhir ini diterima di Universitas Syiah Kuala melalui program USMU. “Alhamdulillah saya bersyukur atas keberhasilan anak-anak Dayah Jeumala Amal,” ujar Tgk Anwar.

Bukan itu saja, sejumlah alumnus juga banyak yang menimba ilmu di Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, antara lain adalah Muhammad Mahmudi, Noval Zahri, dan Harfan M Husen. “Ketiganya adalah angkatan tahun 2004,” rincinya.

Kemudian mereka angkatan 2009 sedang kulih di Mesir adalah Ika Gunawan, Ana Karina, Azmi Abubakar Hamzah. “Malahan Azmi pernah menjadi gaet pada waktu kami studi banding ke Mesir,” kisah Tgk Anwar.

Ada beberapa siswa lainnya juga sedang kuliah program doktor di negara lain, di antaranya Zakaria sedang mengambil program doktor (S2) di Shanghai, Cina. Mukhlisah S2 di Sudan, Nuzulul Isna mendapat program Beasiswa Ford Blair Amerika Serikat. Itu hanya beberapa di antaranya, masih ada lagi yang belum yang tak tersebutnya.(nur nihayati)

tentang jeumala amal:

- Jeulama Amal Didirikan tahun 1987
- Diresmikan Gubernur Ibrahim Hasan, 2 Januari 1988
- Tercatat 1.025 santri, 525 putra dan 501 putri
- Tingkat Tsnawiyah 550 orang
- Tingkat Aliyah 475 orang
- Telah melairkan 10.000 lebih alumninya

sedang kuliah  di LN:
- Zakaria (S2 di Shanghai, Cina)
- Mukhlisah (S2 di Sudan)
- Nuzulul Isna (Ford Blair Amerika Serikat)
- Muhammad Mahmudi, Noval Zahri, dan Harfan M Husen (Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
267 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas