Rabu, 29 April 2015

Alumni Jeumala Amal Banyak di Luar Negeri

Rabu, 3 Agustus 2011 09:27

Alumni Jeumala Amal Banyak di Luar Negeri - 030811foto.8_.jpg
Para Santri belajar mengaji

Dayah Jeumala Amal berdiri tahun 1987 oleh yayasan Teungku Laksamana Haji Ibrahim (Yaslak) dan diresmikan oleh Gubernur Aceh Prof Dr Ibrahim Hasan MBA, 2 Januari 1988.

Di awal tahun lalu, sejumlah santri mondok di rumah-rumah penduduk sekitar karena asrama sedang dibangun. Kemudian lambat laun kedudukan dayah kian pesat hingga sekarang memiliki dua asrama putra dan putri.

Dayah Jeumala Amal saat ini tercatat sebagai salah satu dayah terpadu pesantren modern. Di tengah-tengah kampus juga sudah berdiri satu Masjid Raudatud Zahra dan Rumoh Aceh sebagai pelambang tempat ibadah.

Santri DJA terdiri dari 1.025 orang, masing-masing 525 putra dan 501 putri. Rinciannya, tingkat tsanawiyah 550 dan Aliyah 475 orang. Para santri di bawah asuhan 145 guru. Sejak tahun 1993 hingga sekarang ini sudah lahir sebanyak 10 ribu lebih lulusan.  

Direktur Dayah Jeumala Amal, Tgk Anwar Yusuf MA mengatakan, tahun ini sebanyak tujuh alumnus DJA diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Nanggroe Aceh Darussalam dan Pulau Jawa untuk melanjutkan studinya. Mereka lulus undangan.

Ketujuh siswa lulus di PTN itu adalah Zikrillah mendapat beasiswa di Universitas Indonesia Jakarta. “Selain lulus undangan mereka juga mendapat Beasiswa dari Kementerian Agama RI hingga selesai kuliah nanti,” katanya.

Selebihnya enam orang lagi Husnul Khatimah FKIP Biologi Universitas Syiah Kuala, Mudassir FKIP Geografi, Munadil Haq Teknik Mesin. Selanjutnya M Iqbal Teknik Arsitektur, M Nazar Teknik Sipil dan Safrina D3 Perpajakan.

Halaman12
Editor: bakri
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas