SerambiIndonesia/

Petani Asal Aceh Jaya ke Istana

Mauliddin (34), petani asal Desa Masen, Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya, berhasil meraih penghargaan

BANDA ACEH - Mauliddin (34), petani asal Desa Masen, Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya, berhasil meraih penghargaan sebagai petani padi berprestasi tingkat nasional. Dia pun dijadwalkan bertemu Presiden SBY di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2011, bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Maulidin merupakan salah seorang petani binaan Caritas Czech Republik (CCR) yang masuk ke Aceh Jaya tahun 2008 lalu untuk membantu mata pencarian korban konflik dan musibah tsunami warga Desa Masen. Salah satunya dengan mengembangkan sistem pertaniah organik Sistem of Rice Intensification (SRI). Mauliddin sendiri bergabung dalam satu kelompok tani bernama ‘Cicoba’, sebuah kelompok khusus untuk menguji metode SRI.

“Awalnya saya merasa kurang tertarik dengan metode yang diperkenalkan Caritas, caranya aneh, di luar kebiasaan kami bercocok tanam,” kata Mauliddin kepada Serambi, Jumat (12/8).

Namun dia terus mencoba dan mengikuti keseluruhan proses itu sehingga berhasil mencapai produksi padi berkali-kali lipat dari pola tanam konvensional. Dengan pencapaian tersebut, Mauliddin kemudian dipercayakan menjadi ketua kelompok.

“Awal 2010 Caritas resmi menunjuk saya menjadi fasilitator lokal metode SRI dengan tugas utama memberikan pelatihan bagi kelompok tani,” katanya.

Pada pertengahan 2010 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sampoiniet di Patek memutuskan mengirim profil Mauliddin sebagai calon petani teladan Aceh Jaya untuk mengikuti lomba petani teladan tingkat kabupaten dan provinsi. Dia berhasil terpilih sebagai petani terbaik di Aceh, dan sebagai petani berprestasi di tingkat nasional.

“Tanggal 17 Agustus 2011 ini, Insya Allah saya akan ke Istana negara dan menerima penghargaan khusus dari presiden. Kemarin saya juga sempat bertemu dengan Wagub Muhammad Nazar,” ujarnya didampingi salah seorang staf Caritas, Isfani Yunus.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help