Malaysia

Tewas di Somalia, Jurnalis Malaysia "Pahlawan Nasional"

Malaysia berduka atas tewasnya Noramfaizul Mohamad Nor (39), kameramen televisi untuk kantor berita nasional Bernama.

Tewas di Somalia, Jurnalis Malaysia
thestar.com.my
Malaysia berduka atas tewasnya Noramfaizul Mohamad Nor (39), kameramen televisi untuk kantor berita nasional Bernama.

SERAMBINEWS.COM, KUALA LUMPUR - Malaysia berduka atas tewasnya Noramfaizul Mohamad Nor (39), kameramen televisi untuk kantor berita nasional Bernama.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Minggu (4/) memimpin massa perkabungan pada pemakaman dan menyatakan Nor sebagai "pahlawan nasional" setelah ditembak mati di Mogadishu, ibu kota Somalia di Tanduk Afrika.            

Jenazah Nor, Minggu, tiba di rumah setelah diterbangkan oleh pesawat militer Malaysia dari Mogadishu, ibu kota negara paling bergolak di Tanduk Afrika itu. Somalia juga terkenal sebagai basis para bajak laut, dan juga basis Al Shabab, sayap Al Qaeda paling kuat di wilayah Afrika timur. Negara ini pun kini sedang dirundung kelaparan hebat.            

Najib mempersingkat kunjungannya ke Australia, agar bisa hadir di pangkalan udara militer di Subang, pinggiran kota Kuala Lumpur untuk menyambut jenazah Nor. Najib ditemani para menteri senior, anggota keluarga sang kameramen, keluarga wartawan Malaysia, serta keluarga para pejabat negara.

"Saya menganggap Nor sebagai 'pahlawan nasional' yang baik. Dia menginspirasi kita untuk terus membantu mereka yang kurang beruntung," kata Najib pada upacara pemakaman yang diadakan pangkalan udara itu.

Nor tewas dan seorang juru kameramen dari jaringan berita swasta TV-3 terluka akibat terkenal peluru tajam, Jumat lalu di Mogadishu. Saat mereka sedang merekam gambar suasana perang antara pasukan Uni Afrika dan milisi lokal di Mogadishu.

Editor: mufti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved