Senin, 22 Desember 2014
Serambi Indonesia

Emas dan Baju Muslim Sumbang Inflasi

Rabu, 7 September 2011 09:34 WIB

BANDA ACEH - Emas perhiasan dan pakaian menjadi komoditas yang memberi sumbangan paling tinggi terhadap inflasi Aceh Agustus kemarin. Sebagaimana dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, harga barang dan jasa di provinsi ini mengalami kenaikan (inflasi) sebesar 1,88 persen.

“Banda Aceh inflasi 1,89 persen dan Lhokseumawe 1,88 persen. Secara agregat Aceh mengalami inflasi sebesar 1,99 persen,” demikian isi berita resmi statistik yang diterima Serambi, Selasa (6/9).

Khusus di Banda Aceh, diterangkan inflasi terjadi karena dipicu oleh naiknya harga pada kelompok sandang sebesar 6,42 persen. Dari empat sub kelompok, seluruhnya mengalami inflasi. Komoditas yang paling dominan adalah emas perhiasan, baju muslim, mukena, kemeja panjang katung, celana panjang jeans, dan blus.

Disamping sandang, inflasi juga dipicu oleh naiknya harga kelompok bahan makanan, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, dan beberapa kelompok lainnya.

“Dari 121 jenis barang dan jasa yang mengalami perubahan harga, 92 jenis menunjukkan adanya kenaikan dan 29 jenis mengalami penurunan harga,” tulis berita resmi statistik tersebut.(yos)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas