Selasa, 23 Desember 2014
Serambi Indonesia

Pelaku UKM di Sabang Kecewa tak Dilibatkan dalam SIR 2011

Minggu, 18 September 2011 10:23 WIB

Pelaku UKM di Sabang Kecewa tak Dilibatkan dalam SIR 2011
Para pekerja sedang mengangkat barang-barang guna persiapan penyambutan peserta Sabang Internasional Regatta 2011 di Pantai Gapang Kecamatan Sukakarya, Sabang, Sabtu (17/9). SERAMBI/GUNAWAN
SABANG - Ketua Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (AUMKM), Anwar Daud, dan Bayu dari Lembaga Pelestarian Seni Budaya Aceh (LPSBA) Sabang,  mengaku kecewa karena panitia Sabang International Regatta (SIR) 2011, tidak melibatkan masyarakat setempat dalam even tersebut.

Menurut Anwar dan Bayu, kegiatan SIR yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata cukup bagus karena telah membuat nama Sabang dikenal masyarakat luar negeri. Namun sayang, even itu tak melibatkan banyak warga Sabang.

“Di sabang banyak pemuda berbakat, dan punya potensi di bidang seni, penginapan dan kuliner. Tapi, untuk tenaga itu semuanya didatangkan dari luar,” keluh Bayu.

Pantauan Serambi, kemarin, sejumlah pedagang kain dari Banda Aceh  memanfaatkan momen ini.  Namun Panitia mengingatkan agar pedagang hanya beroperasi di Play Ground, bukan di Sabang Fair.

Terkait kekecewaan itu, Sekretaris Panitia Lokal SIR 2011, M Ali Taufik MM, mengatakan panitia lokal hanya menyediakan tempat, sementara teknis pelaksanaan seluruhnya ditangani Event Organizer (EO) dari Jakarta. “Kami mohon maaf dan harap maklum. Tapi, even ini akan ada manfaat bagi warga apalagi banyak pengunjung dan peserta berada lama di Sabang,” katanya.

Sementara itu, 26 yacth (kapal layar) peserta SIR 2011 dilaporkan sudah berangkat dari Langkawi, Malaysia. Para peserta diperkirakan tiba di Sabang, Minggu (18/9). Sedangkan persiapan yang dilakukan panitia di kawasan Pantai Gapang sudah mencapai 95 persen.

Anggota tim pertandingan, Amri Laut dari Kementerian Pariwisata yang dijumpai di Gapang Resort, mengatakan dari 26 kapal, salah satunya milik warga Kanada sudah sampai di Teluk Sabang, karena tidak masuk Langkawi. Alasannya karena sudah swring ke sana dan langsung ke Sabang.(gun)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas