• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 20 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Buru Beasiswa Hingga Eropa

Jumat, 7 Oktober 2011 09:45 WIB
Pantas saja Dekan FKM Unmuha ini punya sederet gelar yang cukup panjang. Nama dan gelarnya Asnawi Abdullah NSv.PH, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, Ph.D. Ternyata pria kelahiran Desa Meunye Lhe, 3 Juli 1971, ini memburu beasiswa hingga ke Eropa. Bahkan sejak bangku SMA sudah mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Ternyata semangatnya memburu beasiswa karena pesan orang tuanya waktu masih duduk di sekolah dasar. “Kalau mau ubah nasib, Nak, kamu harus sekolah yang tinggi. Kalau tidak, ya, kamu akan jadi petani seperti bapakmu ini nantinya,” pesan ibunya. Kata inilah yang mengusik pikirannya untuk sekolah ke perguruan tinggi. “Berminggu-minggu kata-kata tersebut tidak hilang dalam benak saya. ‘Sekolah yang tinggi’, `perguruan tinggi’, `jadi petani’, `ubah nasib’. Itulah beberapa `keywords’ yang terus menghantuiku saat itu,” kenang Asnawi.

Makanya, Asnawi berpesan kepada para mahasiswa agar terus memburu beasiswa hingga ke luar negeri, termasuk menekuni bidang kesehatan. Karena kalau Aceh punya tenaga kesehatan atau ahli di bidang kesehatan, maka bisa memperbaiki permasalahan kesehatan di Aceh. “Makanya saya mendorong anak SMA supaya tidak ada kata sulit untuk mencari beasiswa,” pesan Asnawi yang mendapat beasiswa dari lembaga dalam dan luar negeri.

Menurut Asnawi, FKM Unmuha merupakan fakultas swasta pertama di Indonesia. Sebelumnya fakultas negeri pertama di Indonesia lahir di UI, USU, Undip, Unair dan Unhas. Melalui FKM ini dididik para mahasiswa agar mampu berperan penting dalam masyarakat. Selain turun mengabdi dalam masyarakat, juga menuntut ilmu hingga ke luar negeri. “Kalau makin banyak orang S3 di FKM, maka makin banyak yang bisa diperbuat untuk kesehatan masyarakat,” ujar Asnawi.(hd)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
10061 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas