• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Pembunuh Polisi Gayo Lues Masih Buron

Jumat, 21 Oktober 2011 09:09 WIB
Pembunuh Polisi Gayo Lues Masih Buron
KBO Reskrim Polres Aceh Tengah, Ipda Tian Septiadi Kamis (20/10) memperlihatkan foto dan identitas dua tersangka pelaku pembunuh anggota Polres Gayo Lues, Briptu Almunawar, yang terjadi 24 September 2011 lalu, di kawasan Kampung Ise-Ise, Kecamatan Linge, Aceh Tengah. Foto dan identitas tersangka telah disebar di seluruh Polres di Jajaran Polda Aceh. SERAMBI/MAHYADI
* Polres Aceh Tengah Sebarkan Foto Tersangka

TAKENGON - Dua tersangka kasus pembunuhan, Usman bin Wilan bersama anaknya Erwinsyah bin Usman (19), warga Dusun Jamur Masin, Kampung Ise-Ise, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, masih buron. Kedua tersangka ini, diduga kuat sebagai pelaku pembunuh Briptu Almunawar, anggota Polres Gayo Lues, Blangkejeren, yang bertugas di Polsek Persiapan Pantan Cuaca, Kabupaten Gayo Lues.

Polres Aceh Tengah telah menyebarkan foto dan identitas para pelaku ke semua Polsek di Kabupaten Aceh Tengah serta ke seluruh Polres di jajaran Polda Aceh. Pascapembunuhan yang terjadi di kawasan Ise-Ise, Kecamatan Linge, Aceh Tengah pada 24 September 2011, kedua tersangka ini menghilang dan jejaknya belum juga terlacak oleh aparat penegak hukum.    

“Tempat Kejadian Perkara (TKP) kasus pembunuhan itu, masih di kawasan Kabupaten Aceh Tengah, atau di Polsek Linge, sehingga kasusnya ditangani Polres Aceh Tengah,” jelas Kapolres Aceh Tengah, AKBP Edwin Rachmat Adikusumo, didampingi Kasat Reskrim, Iptu Wendi Oktariansyah dan KBO Reskrim Ipda Tian Septiadi, kepada Serambi Kamis (20/10).

AKBP Edwin menyatakan upaya penangkapan kedua pelaku terus dilakukan dan salah satunya, penyebaran foto tersangka. Menurut dia, polsek di kawasan perbatasan terus memantau keberadaan pelaku dan untuk menangkap tersangka, Polres Aceh Tengah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum di wilayah Aceh Tenggara dan Kabupaten Gayo Lues.

“Kedua pelaku ini, berasal dari Aceh Tenggara, makanya kami berkoordinasi dengan pihak Polres disana. Kemungkinan mereka (tersangka-red) kembali ke Aceh Tenggara,” kata Kapolres Aceh Tengah ini.

Untuk itu, katanya, dihimbau kepada masyarakat maupun aparat Kampung Ise-Ise, Kecamatan Linge, agar dapat memberitahukan kepada pihak kepolisian setempat, jika melihat keberadaan kedua tersangka. “Foto dan identitas tersangka sengaja disebar ke polsek-polsek dan di media massa agar masyarakat bisa mengetahui jika melihat kedua tersangka,” terang AKBP Edwin Rachmat Adikusumo.   

Sementara,  insiden pembunuhan dipicu persoalan ternak masuk ke lahan kebun. Sedangkan pelaku yang membunuh anggota Polres Gayo Lues, merupakan penjaga kebun milik orang tua Briptu Al Munawar. Dia tewas ditebas pedang panjang dengan luka bacokan di sekujur tubuh.(c35)     
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas