Martunis Pertanyakan Terbengkalainya PLTB Kluet

Anggota DPRK Aceh Selatan, Martunis mempertanyakan kelanjutan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Kluet

* Pekerjaan Baru Sebatas Pemagaran Lokasi
* Jadwal Beroprasi November 2011

TAPAKTUAN-Anggota DPRK Aceh Selatan, Martunis mempertanyakan kelanjutan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Kluet. Pasalnya sejak peletakan batu pertama pembangunan listrik tenaga angin oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf 1 November 2010 lalu itu hingga kini belum selesai.

 “Pernyataan Direktur Utama (Dirut) PT GLA, Mawardi Pohan bahwa PLTB akan beroperasi pada November 2011 hanya janji belaka. Buktinya hingga kini pembangunan proyek itu belum selesai dikerjakan,” kata Martunis, Senin (14/11) di Tapaktuan.

Anggota Komisi D itu menilai pelaksana proyek PLTB Kluet itu kurang serius. Meski telah berlangsung setahun sejak peletakan batu pertama, tapi hingga kini belum ada tanda-tanda pekerjaan di lapangan.

Menurutnya, pekerjaan proyek pembangunan PLTB itu baru sebatas pemagaran lokasi. Bahkan pembangunan pagar lahan seluas 8 hektar itu pun  hingga kini belum rampung dikerjakan.

Kondisi ini telah mengakibatkan kekecewaan masyarakat Aceh Selatan, terutama masyarakat di sekitar lokasi yang sedianya berharap bisa beroperasi pada November 2011 sesuai dengan janji, sebab hingga kini listrik PT PLN di kawasan itu masih megap-megap, terutama pada malam hari.

Hal senada juga disampaikan Subki, anggota DPRK dari Fraksi PA yang menilai terbengkalainya proyek pembangunan PLTB itu disebabkan karena perusahaan itu kurang modal sehingga tidak mampu mendatangkan baterai dan tower turbin angin yang harganya mencapai puluhan miliar rupiah.

Selain mengecewakan masyarakat karena tidak jelas pekerjaannya. Hal ini juga merugikan Pemkab setempat, yakni PAD sebesar Rp 250 juta perbulan dari hasil penjualan energi PLTB tersebut. “Jangan hanya berjanji, kalau tidak mampu mundur saja, biar Pemkab mencari investor lain,” katanya.(az)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved