• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 23 September 2014
Serambi Indonesia

Urus Izin Usaha di Aceh Jaya Lalui Banyak Pintu

Jumat, 25 November 2011 08:46 WIB
CALANG - Keberadaan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Aceh Jaya yang sudah tiga tahun dinilai belum berjalan maksimal. Untuk mengurus izin usaha masih harus melalui banyak pintu. Sebab sejauh ini KPPT  Aceh Jaya hanya melayani pemberian 14 jenis izin.

Kepala KPPT Aceh Jaya, Yerri Afzal SP ditanyai Serambi, kemarin, mengakui bahwa sejauh ini instansinya hanya bisa mengeluarkan 14 jenis izin usaha. Sedangkan sejumlah izin yang lain masih dikeluarkan oleh sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPK) lain. “Memang selama ini pemohon izin terpaksa mendatangi beberapa SKPK,” ujarnya.

Ia mengatakan, bupati, sekda, dan KPPT sudah tiga kali menyurati ke sejumlah SKPK yang selama ini masih mengelola izin agar segera melimpahkannya ke KPPT. Namun, kata Yerri, hingga sekarang belum ada SKPK yang menyerahkan pengurusan izin ke KPPT. “Seharusnya dengan sudah dibentuk KPPT seluruh izin sudah dilayani di satu pintu yakni di KPPT,” katanya.

Yerri mengatakan, meski izin nanti dilimpahkan ke KPPT, namun dalam proses pengeluaran izin tetap berkoordinasi dan meminta pertimbangan atau rekomendasi teknis dari SKPK terkait. Ia menambahkan, mulai Januari 2011 lalu pungutan biaya retribusi izin sudah diperbaiki cara penyetorannya yakni distor langsung tunai di muka oleh pemohon izin ke rekening kas daerah di Bank Aceh Cabang Calang sebelum lembaran izin diteken Kepala KPPT Aceh Jaya.(riz)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
41610 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas