Sabtu, 29 November 2014
Serambi Indonesia

Dipercayakan Susun Kurikulum Perguruan Tinggi

Kamis, 22 Desember 2011 09:55 WIB

Dipercayakan Susun Kurikulum Perguruan Tinggi
MAHASISWI Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Darussalam Lhokseumawe belajar di pustaka. SERAMBI/JAFARUDDIN
KETIKA didirikan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Darussalam Lhokseumawe tahun 2004, dikenal dengan nam Akademi Kebidanan (Akbid) Darussalam Lhokseumawe. Kampus tersebut resmi menjadi STIKes tahun 2007, setelah ada penambahan Diploma Empat (D-IV) Bidan Pendidik, dan Strata Satu (S-1) Keperawatan.

“Semua jurusan tersebut kini telah mendapat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” kata Kabid Humas Arfiandy kepada Serambi, Rabu kemarin.

Kini jumlah mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut mencapai 1.120 orang, terdiri dari D-III Akbid sebanyak 500 orang, kemudian S1 Keperawatan sebanyak 300 orang, dan D-IV Bidan pendidik sebanyak 320 orang.

“Hingga kini lulusan dari kampus kami sudah mencapai sekitar 300 oran. Mereka kini tersebar di sejumlah puskesmas di Aceh Utara, Bireuen, dan Lhokseumawe. Sebagian besar mereka sudah mampu menjadi bidan pegawai tidak tetap (PTT),” kata Andi. Bahkan, lanjut Andi, seorang lulusan berhasil meraih terbaik uji kompetensi.

Disebutkan, pihaknya ke depan menargetkan kampus STIKes harus menjadi kampus kompetensi menuju kampus mandiri. Untuk mendukung proses perkuliahan yang berkualitas, kampus itu kini telah memiliki 164 dosen, 11 di antaranya adalah guru besar, kemudian doktor sebanyak 8 orang, magister 25 orang,  dan Strata Satu (S-1) mencapai 20 orang.

Fasilitas lain yang telah ada di kampus tersebut, di antaranya adalah laboratorium komputer, kemudian laboratorium bidan, perpustakaan dengan seribuan judul buku. Selanjutnya pada tahun 2012 akan dibangun laboratorium bahasa.

“Bagi mereka yang lulus cumlaude, kampus menyediakan dana untuk melanjutkan kuliah. Tahun 2010, kampus kita dipercayakan sebagai tim penyusun kurikulum untuk perguruan tingi,” kata Arfiandi.(jafaruddin)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas