Rabu, 26 November 2014
Serambi Indonesia

Unsyiah Adakan Tes Penjajakan Bidang Ilmu

Sabtu, 7 Januari 2012 10:13 WIB

* Pendaftaran Mulai 23 Januari

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun ini kembali mengadakan Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) bagi siswa kelas III SLTA/sederajat. Pendaftaran untuk peserta tes tersebut akan dibuka sejak 23 Januari ini hingga 17 Februari mendatang. Selain Unsyiah, tes yang sama juga akan dilaksanakan Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Universitas Palangkaraya (Unpar).

“Salah satu tujuan tes ini adalah nilai TPBI dapat menjadi bahan pertimbangan perguruan tinggi negeri dalam menerima calon mahasiswa baru melalui jalur Undangan Seleksi Masuk Universitas (USMU),” ujar Pembantu Rektor I (Bidang Akademik) Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng kepada Serambi di ruang kerjanya, kemarin. Turut hadir Kepala Humas Drs A Wahab Abdi MSi.

Dikatakan, tujuan lain dari tes itu adalah memberikan penilaian kemampuan siswa dalam ujian dengan materi sama (standard test), memberikan gambaran awal atas minat seorang siswa, dan TPBI menjadi ajang latihan (try out) untuk kesiapan siswa dalam menghadapi SNMPTN. “Peserta yang boleh memilih Unsyiah dan USU adalah siswa yang ada di Aceh dan Sumatera Utara,” jelas Samsul.

Menurut Samsul Rizal, pelaksanaan tes itu akan diawali dengan pembayaran biaya pendaftaran (Unsyiah Rp 300 ribu) di semua bank pada 23 Januari sampai 17 Februari 2012. Lalu, calon peserta memperoleh nomor pendaftaran dan password yang digunakan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui website TPBI pada 23 Januari ini sampai 17 Februari mendatang. “Ujian tulis rencananya dilaksanakan 26 Februari mendatang,” rincinya.

Setiap peserta TPBI, lanjut Samsul, akan diberi sertifikat dengan kategori nilai cukup, baik, dan amat baik. “Hasil inilah yang nanti akan menjadi bahan pertimbangan lain bagi kita untuk menerima calon mahasiswa baru dari jalur USMU yang dikirim sekolah,” jelas Samsul. Disebutkan, materi tes meliputi kemampuan dasar (matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris), kemampuan IPA (fisika, kimia, biologi), serta kemampuan IPS (ekonomi, geografi).

Kepada siswa SMA yang mampu secara akademik tapi tak mampu secara ekonomi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, menurutnya, bisa mendaftar melalui program Beasiswa Bidik Misi Dikti. “Formulir untuk calon mahasiswa program Bidik Misi dikirim ke sekolah-sekolah atau bisa diakses di www.bidikmisi.dikti.go.id,” pungkasnya.(jal)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas