SerambiIndonesia/

Citizen Reporter

Dua Putra Aceh di Pentas Ilmiah Dunia

NAMA Aceh kembali harum dan bergaung di pentas ilmiah dunia. Dua mahasiswa Aceh kandidat doktor di dua negara berbeda, yaitu Malaysia dan Taiwan

Dua Putra Aceh di Pentas Ilmiah Dunia
Khairul Rijal Djakfar
Oleh Khairul Rijal Djakfar, Anggota Asia University Indonesia Student Association.

NAMA Aceh kembali harum dan bergaung di pentas ilmiah dunia. Dua mahasiswa Aceh kandidat doktor di dua negara berbeda, yaitu Malaysia dan Taiwan, tampil sebagai Ketua Panitia pada acara Konferensi Internasional Tahunan di kedua negara tersebut.

Sosok yang pertama adalah Muhammad Dayyan. Mantan Ketua Umum HMI Cabang Banda Aceh ini menjadi pelaksana kegiatan Aceh Development International Conference (ADIC) yang diselenggarakan di International Islamic University Malaysia (IIUM) Kuala Lumpur, Malaysia, 26-28 Maret 2012.

Seperti dalam website adic2012.yolasite.com, acara yang di inisiasi oleh pelajar Aceh di Malaysia ini bertujuan untuk mengumpulkan berbagai macam pengetahuan dan wawasan dari multidisiplin ilmu dalam lingkup internasional sebagai kontribusi pembangunan Aceh di masa depan. Model acaranya dengan mengundang peserta untuk mengirimkan papers yang nantinya akan dinilai oleh para pakar lintas perguruan tinggi dari Indonesia dan Malaysia.

Topik papers sangat luas dan tidak membatasi pada kajian akademik saja, mulai dari konsep ajaran Islam tentang kehidupan, planologi, pertanian, perikanan, pertambangan, sampai ke bidang ekonomi, politik, wanita, kesehatan, mitigasi bencana, wisata dan seni.

Konferensi ini direncanakan akan dirangkaikan dengan Sidang Tahunan pertama Ikatan Pelajar Aceh Internasional dan Lokakarya Masyarakat Sipil Aceh dan Pekerja LSM Aceh.      

Sosok berikutnya adalah Agus Putra A Samad. Ia pakar muda kelautan dan perikanan Aceh yang profilnya pernah diliput PPI Taiwan dalam bentuk dokumenter di http://youtu.be/FgCegoI4Ijs. PNS asal Pemko Langsa ini dipercayakan oleh Forum Mahasiswa Muslim Indonesia Taiwan (Formmit) sebagai chief of organizing committee pada even The Third Annual Indonesian Scholars Conference in Taiwan.

Acara yang berlokasi di Chung Hua University, Kota Hsinchu, Taiwan akan dilaksanakan pada 17-19 Maret 2012. Tema yang diangkat dalam konferensi ketiga kalinya ini seperti dapat dilihat dalam website ic3t.org/aisct2012 adalah Akselerasi dan Pengembangan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Permintaan Global: Peningkatan Sinergi Berkelanjutan di Akademik, Industri dan Pemerintahan.

Kita harapkan semoga sukses untuk Muhammad Dayyan dan Agus Putra AS dan kiprahnya menjadi prestasi yang luar biasa serta mampu mengharumkan nama Aceh dan Indonesia pada umumnya. Interaksi mereka dengan masyarakat dunia mengenalkan kembali negara kita sebagai pusat pendidikan dan sekaligus membuktikan bahwa kemampuan riset dan penguasaan teknologi bisa sejajar dengan bangsa lain.***

* Bila Anda punya informasi menarik, kirimkan naskah dan fotonya serta identitas Anda ke email: redaksi@serambinews.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help