Jumat, 19 Desember 2014
Serambi Indonesia

Gedung STAI Gajah Putih Terpencar

Selasa, 31 Januari 2012 09:19 WIB

* Pemkab Aceh Tengah Siapkan Lahan

TAKENGON - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Gajah Putih, Takengon, Aceh Tengah belum memiliki gedung representatif, sehingga gedung perkuliahan masih terpencar-pencar. Pemkab Aceh Tengah segera mempersiapkan lahan pertapakan untuk perguruan tinggi ini jelang dinegerikan pada tahun ini.

Ketua STAI Gajah Putih Takengon, Drs Al Misry MA, Senin (30/1) mengakui perkuliahan mahasiwa masih terpencar-pencar di seputaran Kota Takengon. Dia menyatakan akan mempersiapkan lahan perguruan tinggi, sebagai syarat utama bagi pemerintah pusat untuk menegerikan STAI Gajah Putih Takengon.

Saat ini, sebutnya, sebagian mahasiwa mengikuti kuliah di bekas pertapakan Rumah Sakit Umum (RSU) Takengon di Jalan Yos Sudarso, Ujung Geregung, Kecamatan Bebesen. Al Misry menyampaikan hal tersebut di hadapan unsur Muspida Aceh Tengah dan para pendiri STAI Gajah Putih serta menyebutkan

STAI Gajah Putih akan dinegerikan oleh Kementerian Agama pada 2012. Dia juga menyebutkan tentang dijadikannya perguruan tinggi ini sebagai

pilot project (proyek percontohan) bagi Perguruan Agama Islam lainnya di Provinsi Aceh. Rencana itu, katanya, dicanangkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI dan sedang dalam pembahasan pemerintah pusat.

Sedangkan Ketua Tim Penegerian STAI Gajah Putih Takengon, DR Zulkarnaen MAg mengatakan, proses penegerian STAI Gajah Putih sudah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi RI pada 16 Januari 2012 lalu di Jakarta.

Setelah mendapat persetujuan, proses penegerian STAI Gajah Putih menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih menunggu penetapan melalui Peraturan Presiden (Perpres).

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan, pemkab sedang mencari lahan untuk dijadikan lahan STAI Gajah Putih Takengon. “Ada beberapa alternatif lokasi yang dapat dijadikan Kampus STAIN Gajah Putih Takengon. Tetapi kita menunggu peninjauan dan persetujuan Kemenag RI,” ujar Nasaruddin.(min)     
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas