SerambiIndonesia/

Tugu Kupiah Meukeutop Aceh Barat Terbengkalai

Tugu Kupiah Meukeutop sebagai lambang daerah Kabupaten Aceh Barat, serta lokasi gugurnya Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan

MEULABOH-Tugu Kupiah Meukeutop sebagai lambang daerah Kabupaten Aceh Barat, serta lokasi gugurnya Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan yang terletak di Desa Suak Ujong Kalak, Kota Meulaboh, kini terbengkalai.

Akibatnya situs budaya yang dibangun kembali sekitar tahun 2006 oleh Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) Aceh dengan biaya mencapai ratusan juta rupiah itu, kini tak bisa dimanfaatkan dengan baik karena ditumbuhi rumput liar dan tak ada perawatan.

“Maunya situs sejarah ini harus dirawat, selain tugu ini bersejarah juga bisa mendatangkan pendapatan asli daerah sebagai salah satu lokasi tujuan wisata di Bumi Teuku Umar, kata Iskandar Nusa seorang budayawan Aceh Barat kepada Serambi, Senin (30/1) kemarin di Meulaboh.

Menurutnya, lokasi tugu yang terletak di bekas tempat berdirinya Tugu Prasamya Purnakarya yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia sekitar tahun 1995 lalu, dan dijadikan sebagai lokasi pembangunan tugu Kupiah Meukeutop itu dinilai juga tak layak karena lokasinya yang tidak strategis dan tak banyak diketahui oleh masyarakat luas, karena berada di jalan yang buntu dan lokasi yang kumuh.

Karenanya, ia berharap kepada Pemkab Aceh Barat supaya melakukan perawatan dan pembenahan kembali lokasi yang penuh dengan sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Teuku Umar Johan Pahlawan tersebut, sehingga aset daerah dan warisan budaya itu bisa terus dilestarikan dengan baik dan tak punah akibat kemajuan zaman dan teknologi. (edi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help