A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Wabup Aceh Barat Protes Dinkes Aceh - Serambi Indonesia
Senin, 24 November 2014
Serambi Indonesia

Wabup Aceh Barat Protes Dinkes Aceh

Sabtu, 4 Februari 2012 13:43 WIB

* Terkait RSU Rujukan Pantai Barat-Selatan
 

MEULABOH-Wakil Bupati Aceh Barat, Fuadri SSi MSi, memerotes pernyataan Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh terkait RSUD Abdya yang menjadi rumah sakit rujukan di wilayah pantai barat-selatan Aceh.  Bila pernyataan itu benar, maka RSUD Cut Nyak Dhien tidak akan melayani lagi pasien rujukan dari kabupaten lain di wilayah barat-selatan Aceh.

Hal itu disampaikan Wabup Fuadri secara khusus kepada Serambi, Kamis (2/1) menanggapi pemberitaan harian ini edisi Selasa lalu yang menyebutkan RSUD Abdya saat ini merupakan RSUD rujuan pantai barat-selatan Aceh.  “Saya sudah hubungi langsung Kadis Kesehatan Aceh dan menanyakan apakah benar pemberitaan itu, lalu mereka menanggapi bahwa itu masih usulan,” ujar Fuadri.

Menurutnya, bila benar sudah jadi rujukan maka pasien dari kabupaten lain dari pantai barat-selatan Aceh seperti Abdya di RSUD Cut Nyak Dhien akan ditolak, sebab RSUD Cut Nyak Dhien selama ini memang RSUD rujukan di wilayah pantai barat selatan.

“Dari keterangan Pak Kadis Kesehatan Aceh, Dinkes sudah menyurati Pemkab Abdya terhadap kekeliruan terhadap pemberitaan itu,” ujar Fuadri. Kata Wakil Bupati Aceh Barat, dalam qanun Pemerintah Aceh tahun 2011 nomor 4 disebutkan bahwa di Aceh RSU Zaenal Abdin merupakan rumah sakit induk di provinsi Aceh dan ada empat RSUD regional yang merupakan rujukan meliputi RSUD Bireun, RSUD Takengon, RSUD Cut Nyak Dhien, dan RSUD Langsa. Karena itu, kepada Dinas Kesehatan Aceh harus segera memberikan klarifikasi ke masyarakat sehingga tidak tim persoalan panjang nantinya, sebab sejauh ini RSUD rujukan di pantai barat-selatan Aceh hanya RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Masih tipe C
Di sisi lain, Fuadri menambahkan, tipe/kelas RSUD Cut Nyak Dhien masih tipe C dan sedang dalam upaya menuju menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk bisa diusul menjadi tipe B. Sedangkan jumlah tenaga medis cukup memadani dengan jumlah dokter spesialis saat ini sebanyak 11 orang dengan rincian dokter spesialis kandungan 3 orang, spesialis anak 2 orang, spesialis THT 1 orang, spesialis jiwa 1 orang, spesialis saraf 1 orang, spesialis bedah 1 orang, dan spesialis penyakit dalam 2 orang. “Saat ini ada beberapa dokter yang akan menyelesaikan spesialis akan pulang,” kata Fuadri.
 
Dikatakan, bila Dinkes Aceh menganggap RSUD Cut Nyak Dhien lokasinya masih kecil maka diharapkan pemerintah Aceh bisa membantu baik pembangunannya atau alat-alat medis sehingga pelayanan yang diberikan akan semakin maksimal.(riz)
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas