Kamis, 18 Desember 2014
Serambi Indonesia

DPRK Aceh Tengah Kirim Dua Nama Calon Pj

Jumat, 2 Maret 2012 15:06 WIB

TAKENGON - Pernyataan terakhir Pj Gubernur Aceh, Tarmizi A Karim bahwa Mendagri telah mengambil alih urusan penunjukan pj bupati/wali kota di Aceh, ternyata tidak menyurutkan semangat para anggota DPRK di daerah untuk mengusulkan nama-nama calon. Bahkan, pihak DPRK Aceh Tengah, secara khusus menggelar “Sidang Paripurna Penetapan Usulan Calon Pj Bupati Aceh Tengah”, Kamis (1/3).

Sidang juga berlangsung cukup alot, masing-masing anggota fraksi juga ngotot mengusulkan nama-nama jagoannya. Guna mendapatkan kesepakatan pada tingkat fraksi, sidang sempat diskor selama 15 menit dan diberikan waktu kepada fraksi-fraksi untuk menentukan nama-nama yang akan diusulkan.

Dari usulan tiga fraksi yang ada, Fraksi Demokrat dan Fraksi Gabungan Keramat Mufakat mengusulkan Drs Taufik MM (Pj Sekda Aceh Tengah) sebagai calon Pj Bupati Aceh Tengah, sementara Fraksi Gabungan Bawar Linge mengusulkan Drs Ismarissiska MM (Sekretaris DPRK Aceh Tengah).

Sidang sempat memanas, karena hanya dua calon yang muncul. Sementara Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 6  Tahun 2005 dan PP Nomor: 17 Tahun 2007, di antaranya mengatur “calon pj bupati yang diusulkan sekurang-kurangnya minimal tiga orang yang ditetapkan melalui sidang paripurna dewan setempat.”

Anggota Fraksi Gabungan Keramat Mufakat, Bardan Sahidi sempat mengusulkan satu nama lain, Drs Alhudri MM (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung Aceh Tengah), untuk melengkapi 3 nama calon. Namun usulan itu ditolak anggota Dewan lainnya, karena alasan usulan penetapan calon Pj bupati hanya melalui fraksi-fraksi.

Setelah perdebatan cukup panjang, akhirnya Dewan sepakat mengirimkan kedua nama itu, sebagai calon penjabat bupati Aceh Tengah menggantikan Ir Nasaruddin MM/Drs H Djauhar Ali yang habis masa jabatannya tanggal 3 April 2012 mendatang. Kedua nama calon itu, Drs Taufik MM dan Drs Ismarissiska MM, akan segera dikirim ke Pj Gubernur Aceh dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna ditetapkan seorang di antaranya mereka sebagai Pj Bupati Aceh Tengah.(min) 
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas