Minggu, 26 April 2015

Tempat Kelahiran Pahlawan Jadi Kandang Sapi

Senin, 5 Maret 2012 20:54

SERAMBINEWS.COM, PALANGKARAYA - Di lokasi tempat kelahiran pahlawan nasional Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut, kini berdiri kandang sapi. Lokasi itu terletak di Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.


Budayawan Kalteng, JJ Kusni, menceritakan, terakhir kali melihat langsung tempat lahir Tjilik sebulan lalu. ”Kandang masih berdiri. Memang tak ada ternak. Setahun lalu lebih parah, waktu itu masih ada dua ekor sapi,” ungkap Kusni, Senin (5/3/2012), di Palangkaraya.


Kusni meminta peternak mengeluarkan sapinya. Sebab, menurut Kusni, tempat kelahiran Tjilik itu semestinya dihargai. ”Kondisinya sangat berbeda dengan rumah, sel, atau persinggahan yang pernah ditempati para pahlawan nasional di Jawa yang terawat,” tutur Kusni.


Saat Tjilik lahir pada 2 Februari 1918, tempat bernaung keluarganya hanya berupa pondok yang terbuat dari kayu karena berada di dalam hutan. Kini, rumah itu sudah tidak ada. Hanya tersisa semacam gundukan di sana. ”Kesadaran sejarah dan budaya di Kalteng masih rendah,” ujar Kusni.

Editor: Boyozamy
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas