Kamis, 18 Desember 2014
Serambi Indonesia

BBM Naik, Eskalasi Proyek Mendesak

Rabu, 28 Maret 2012 08:56 WIB

BANDA ACEH - Kalangan pengusaha di Aceh mendesak Pemerintah agar menyiapkan eskalasi (penyesuaian harga) proyek, jika memang harga bahan bakar minyak (BBM) resmi naik per 1 April nanti.

“Kalau ini (eskalasi) tidak dilakukan, hancur semua. kontraktor kalang kabut,” kata Sekretaris Inkindo Aceh, Jamaluddin, kepada Serambi, Selasa (27/3).

Desakan agar segera dilakukan persiapan penyesuaian harga proyek tersebut menurut dia, sangat diperlukan mengingat saat ini di Aceh ada proyek yang sudah jalan, ada yang dalam proses lelang, dan juga ada yang akan dilelang.

“Eskalasi kepentingan publik. Pemerintah pusat sudah seharusnya menghitung eskalasi. Jadi bisa dibayangkan, kalau nanti minyak jadi naik, bagaimana kami ini,” tambahnya.

Kenaikan harga BBM dia pastikan akan berimbas pada semua harga material bangunan, termasuk ongkos tukang. Imbas paling besar dirasakan pengusaha pelaksana jasa konstruksi.

Dalam bulan ini saja, informasi yang dia peroleh, harga besi sudah sekitar 30 persen. Kenaikan terjadi setiap hari, bahkan ada yang dalam sehari naik dua kali. Kenaikan harga tersebut selain karena faktor isu kenaikan harga BBM, juga terkait persoalan bahan baku.  “Jumat kemarin saya butuh besi 300 batang. Tetapi di Medan sedang kosong, sampai skarang,” imbuhnya.(yos)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas