Senin, 22 Desember 2014
Serambi Indonesia

Pilkada di Empat Daerah Dua Putaran

Sabtu, 14 April 2012 14:07 WIB

JEURAM - Dari 17 kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada di Aceh 9 April lalu, hampir pasti empat daerah (tiga kabupaten dan satu kota) bakal melakukan pilkada putaran kedua. Yakni, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Kota Sabang. Ini karena, di empat daerah tersebut perolehan suara 30% plus 1 dari total suara sah yang merupakan syarat minimal bagi pasangan tertentu untuk memenangi pilkada, tidak tercapai.

Berdasarkan aturan, pilkada putaran kedua itu dilaksanakan 60 hari setelah hari pencoblosan pilkada putaran pertama.

Di Nagan Raya, berdasarkan data terbaru yang diperoleh Serambi, Jumat (13/4) dari Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat, perolehan suara teratas untuk sementara dipimpin pasangan HT Zulkarnaini-HM Jamin Idham, sebanyak 24.500 suara (28,75%). Posisi kedua ditempati pasangan H Asib Amin-Drs H Djasmi Has MM sebanyak 23.394 suara (27,45%). Sedangkan di urutan ketiga pasangan Samsuardi-Nurchalis yang meraih 17.842 suara (20,51%).

Karena pencapaian suara semua pasangan di kabupaten ini tidak ada yang mencapai 30% dari total suara sah yang masuk, maka dilakukan pilkada putaran kedua yang hanya akan diikuti oleh peraih suara terbanyak 1 dan 2.

“Kepastian jadi tidaknya putaran kedua pilkada di Nagan ini akan ditentukan pada Sabtu hari ini setelah adanya rapat pleno tingkat kabupaten di KIP Nagan Raya,” kata Sekretaris KIP Nagan Raya, Abdul Karim SP kepada Serambi kemarin.

 Abdya
Dari Abdya dilaporkan, dari enam pasangan calon bupati dan wakil bupati, kandidat yang akan maju pada pilkada putaran kedua adalah Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali dan M Fakhruddin/HT Burhanuddin Sampe. Sebab, pasangan inilah yang meraih suara terbanyak 1 dan 2.

Ketua KIP Abdya, Nazli SAg, kepada Serambi kemarin Jumat (13/4), mengatakan, Pilkada Abdya berlangsung dua putaran, sebab dari hasil rekapitulasi suara keenam pasangan cabup-cawabup yang sudah diplenokan, Kamis (12/4), tidak ada satu pun pasangan calon yang mengumpulkan suara 30% dari jumlah suara sah yang masuk. “Oleh karenanya Pilkada Abdya berlangsung dua putaran,” katanya.

Kedua pasangan yang telah mengumpulkan suara terbanyak itu adalah pasangan nomor urut 6, Jufri Hasanuddin-Yusrizal yang memperoleh suara 21.950 (29,64%) dari total jumlah suara sah dan pasangan nomor urut 5, M Fakhruddin/HT Burhanuddin Sampe, mengumpulkan suara 19.977 (26,97%) suara. Penghitungan itu berdasarkan suara sah yang masuk, yakni 74.064 suara.

Berdasarkan jumlah suara yang masuk itu, diketahui pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya 23.810 orang dari 97.874 total pemilih.

 Satu saksi keberatan
Saat rapat pleno rekapitulasi suara dilakukan, dari empat saksi yang hadir, satu di antaranya, yakni S Masykur, saksi cabup/cawabup Akmal Ibrahim/Lukman tidak bersedia menandatangani berita acara hasil pleno rekap perhitungan suara. Ia keberatan, karena menurutnya, hasil pleno tersebut tidak sesuai dengan hasil rekapitulasi awal.

 Aceh Barat
Sementara itu, hasil penghitungan sementara di KIP Aceh Barat mengindikasikan akan adanya pilkada putaran kedua. Adapun dua pasangan yang berpotensi besar masuk ke putaran kedua itu adalah HT Alaidinsyah/H Rahcmad Fitri HD yang sudah mengumpulkan 26.386 suara (28,99 persen) dan H Ramli MS/Moharriadi SAg yang memperoleh 20.439 suara (22,45 persen).

Kepala Kantor Kesbangpon dan Linmas, selaku Tim Desk Pilkada Aceh Barat, TM Ali mengatakan, berdasarkan rekapitulasi Desk Pilkada, dipastikan ada dua pasangan yang maju ke putaran kedua. Ia juga menyatakan, data yang dikeluarkan oleh Desk Pilkada itu sudah final.

 Sabang juga dua
Meski KIP Sabang baru akan mengumumkan hasil sah pilkada di kota wisata itu pada Sabtu hari ini, tapi berdasarkan suara yang sudah terhimpun, Pilkada Sabang bakal dua putaran, karena tak ada calon yang mencapai perolehan suara 30% dari total suara sah yang masuk.

Berdasarkan hasil sementara, dua pasangan yang terunggul adalah Ir H Hirwan Jack SH MBA MM/Drs Saluddin Al Cassany MM yang memperoleh 4.751 suara atau 28,65%, sementara Zulkifli/Adam membayangi dengan perolehan 4.336 suara (26,15%). Menurut Ketua KIP Sabang Seniwati SH, KIP baru mengumumkan hasil resmi pilkada di kota itu pada Sabtu hari ini. (edi/az/gun/riz/nun)
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas