Pilkada Singkil

Safriadi/Dulmursid Raih 37,58 Persen Suara

Rapat pleno KIP Aceh Singkil, Sabtu (14/4) kemarin, menetapkan pasangan Safriadi/Dulmusrid sebagai pemenang pilkada

SINGKIL - Rapat pleno KIP Aceh Singkil, Sabtu (14/4) kemarin, menetapkan pasangan Safriadi/Dulmusrid sebagai pemenang pilkada bupati/wakil bupati Aceh Singkil. Pasangan ini meraih 19.309 (37,58 persen) dari 51.379 suara sah. Sementara untuk calon gubernur/wakil gubernur, suara terbanyak diraih pasangan Irwandi Yusuf/Muhyan Yunan, 30.653 (59,79 persen) dari 51.271 suara sah.

Lima saksi calon bupati/wakil bupati menyatakan keberatan terhadap hasil rekapitulasi tersebut, sementara saksi calon gubernur/wakil gubernur menerima. Saksi calon bupati/wakil bupati yang keberatan yaitu, saksi pasangan Syafril Harahap/Yulihardin, Cut Khairana/Ranto, Jaminuddin/Sofyan, Subkiyadi/Zainal Abidin dan saksi pasangan Sazali/Saiful Umar.

“Kami menyatakan keberatan atas hasil rekapitulasi, perhitungan suara akan berubah jika Pilkada ini, tidak dikuti pasangan nomor urut satu Safriadi/Dulmusrid. Dimana calon wakilnya saudara Dulmusrid tidak memenuhi syarat,” kata Rahmi Yasir saksi pasangan Sayfril Harahap.

Menurut Rahmi Yasir, pihaknya akan mengajukan keberatan tersebut, dengan menggugat KIP ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sementara Rusli Jabat, saksi Jaminuddin/Sofiyan mengatakan, akan menggugat seluruh intansi penyelenggara pilkada termasuk pihak kepolisian yang mengeluarkan SKCK. “Kami akan gugat semuanya, Kapolres terkait SKCK dan Pengadilan. Kami selama ini dikenal keras, dalam kasus ini terjadi pelanggaran makanya kami akan bereaksi,” ujar Rusli.

KIP Aceh Singkil, mempersilakan bila saksi menyatakan keberatan dan akan melakukan gugatan ke MK. “Seluruh warga negara Indonesia memiliki hak dan dilindungi undang-undang untuk mengajukan keberatan. Kami legowo, dan siap mempertanggungjawabkan di hadapan hukum. Yang penting mari kita jaga kedamaian,” kata Zakirun Pohan komisioner KIP Aceh Singkil, menanggapi pernyataan saksi.

Saat rekapitulasi, Ketua PPK Pulau Banyak Barat Azwar pingsan sesaat setelah membacakan rekapitulasi suara. Kejadian itu sempat mendapat perhatian pengunjung, namun tak sampai mengganggu jalanya perhitungan suara. Secara umum jalanya rekapitulasi perhitungan suara yang disekenggarakan di Media Center KIP, Desa Selok Aceh, Singkil berjalan lancar, dengan pengawalan ketat Polri dibantu TNI. Dihadiri Muspida dan undangan.(c39)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved