Vitamin C Bisa Sembuhkan Hipertensi ?
konsumsi vitamin C secara teratur dapat menyebabkan penurunan moderat tekanan darah seseorang
Kondisi ini
biasanya berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler seperti gangguan
jantung dan stroke. Para peneliti di Johns Hopkins memiliki kabar
gembira untuk mereka para penderita hipertensi. Dari hasil penelitiannya
ditemukan bahwa, konsumsi dosis tinggi vitamin C dapat membantu
mengurangi masalah hipertensi pada orang dewasa.
Penelitian,
yang diterbitkan dalam edisi terbaru American Journal of Clinical
Nutrition, menemukan bahwa konsumsi vitamin C secara teratur dapat
menyebabkan penurunan moderat tekanan darah seseorang.
Seperti dikutip laman Yahoonews,
Minggu 22 April 2012, studi ini disebut sebagai "review", yang
menganalisis penelitian sebelumnya untuk pola dan observasi. Dalam hal
ini, para ilmuwan melihat data dari 29 uji klinis sebelumnya yang
melibatkan lebih dari 1.400 orang untuk mencapai kesimpulan mereka,
menurut Baltimore Sun.
Apa yang ditemukan dari studi ini ?
Kesimpulan
awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi sejumlah besar vitamin C,
setidaknya 500 miligram per hari untuk rata-rata delapan minggu, dapat
memiliki efek positif, khusus untuk seseorang yang menderita hipertensi.
Jumlah ini setara dengan sekitar lima kali rekomendasi harian saat ini.
Vitamin
C mungkin dapat memelihara atau melindungi tingkat oksida nitrat dalam
tubuh. Fungsi oksida nitrat adalah khusus untuk membantu menjaga tekanan
darah yang sehat.
Penelitian sebelumnya seputar manfaat
kesehatan dari vitamin C telah berfokus pada kemungkinan peran nutrisi
sebagai diuretik. Dengan demikian, dapat membantu ginjal untuk lebih
efisien membersihkan tubuh dari kelebihan natrium dan air, yang memiliki
efek menurunkan tekanan darah dengan relaksasi pembuluh darah.
Meski
begitu, peneliti Johns Hopkins belum merekomendasikan hasil penelitiann
ini untuk banyak orang. Dr Edgar R. Miller III, salah satu peneliti
utama dalam studi tersebut juga mengatakan dalam siaran pers resmi,
bahwa terlalu dini untuk merekomendasikan aksi tertentu. Studi lebih
lanjut diperlukan untuk menentukan dampak yang tepat dari vitamin C pada
tekanan darah.
Studi awal menurut para pakar juga tidak
dirancang untuk membuktikan apakah ada manfaat jangka panjang dari hasil
konsumsi dosis tinggi vitamin C. Secara khusus, tidak ada bukti yang
menunjukkan bahwa mengambil sejumlah besar vitamin C akan menurunkan
risiko seseorang terkena serangan jantung atau menurunkan risiko
seseorang dari stroke.