Pilkada Aceh Utara

Cabup Aceh Utara Beberkan Bukti Pelanggaran

Kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara H Sulaiman Ibrahim-Drs T Syafruddin, membeberkan sejumlah bukti

* Sidang Perdana di MK
* Gugatan Ghazali Abbas juga Mulai Disidangkan

JAKARTA - Kuasa hukum pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Utara  H Sulaiman Ibrahim-Drs T Syafruddin, membeberkan sejumlah bukti dugaan pelanggaran dalam Pilkada Aceh Utara 2012, kepada hakim Mahkamah Konstitusi, dalam sidang perdana di Gedung MK, Jakarta, Kamis (26/4). Mereka menggugat KIP Aceh Utara  dan pasangan calon nomor 10,  Muhammad Thaib/Muhammad Jamil, karena telah membiarkan terjadinya pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis, dan massif.

Dalam sidang perdana kemarin, pasangan Sulaiman Ibrahim-T Syafruddin melalui kuasa hukum Dr Andi Muhammad Asrun SH MH dan kawan-kawan, melaporkan tentang berbagai peristiwa kekerasan, teror dan intimidasi yang dilakukan oleh  tim sukses dan simpatisan pasangan  Muhammad Thalib/M Jamil pada Pilkada Aceh Utara. Sidang dipimpin M Akil Mochtar.

“KIP Aceh Utara membiarkan terjadinya pelanggaran tersebut,” kata Muhammad Asrun, seraya merinci 37 kasus tindakkan teror, intimidasi dan kekerasan  yang dialami tim pasangan Sulaiman Ibrahim-T Syafruddin.

Aksi intimidasi tersebut terjadi di 17 kecamatan di kabupaten tersebut. KIP Aceh Utara menjadi pihak termohon dan pasangan pemenang pilkada Aceh Utara Muhammad Thaib/M Jamil sebagai pihak terkait.

Kuasa hukum pasangan Sulaiman-T Syafruddin juga mempersoalkan kelengkapan syarat pencalonan  Muhammad Thaib yang diragukan kepemilikannya. “Calon tersebut tidak memiliki ijazah sesungguhnya. Kami punya bukti sebagai pembanding,” kata Muhammad Asrun.

Asrun mengatakan untuk  mendukung “gugatannya”, pemohon sudah menyiapkan 30 orang saksi yang siap hadir di persidangan untuk didengar kesaksiannya.

Kuasa hukum pemohon menginginkan agar MK membatalkan putusan KIP Aceh Utara No 35 tahun 2012 tetantang Penatapan Pasangan Calon terpilih sebagau Pasangan Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara Periode 2012-2017 pada Pilkada  Aceh Utara, serta memerintahkan KIP Aceh Utara menggelar pilkada ulang tanpa keikutsertaan pasangan Muhammad Thalib/Muhammad Jamil.

Seperti diketahui, KIP Aceh Utara telah menetapkan pasangan Muhammad Thaib/Drs M Jamil M.Kes meraih suara terbanyak yakni 174.503 suara. Sedangkan pemohon, pasangan Sulaiman Ibrahim-T Syafruddin berada di urutan dua dengan jumlah perolehan suara 20.693 suara.

Sidang gugatan pilkada Aceh Utara dilanjutkan Senin (30/4) pukul 11.00 untuk mendengarkan jawaban termohon KIP Aceh Utara, pihak terkait pasangan Muhammad Thalib/M Jamil dan  pemeriksaan saksi-saksi.

Pada hari yang sama, MK juga menggelar sidang perdana gugatan hasil pilkada Kabupaten Pidie Jaya yang diajukan pasangan calon bupati H Gazali Abbas Adan dan Zulkifli HM Juned. Ghazali Abbas dalam permohonannya menyampaikan tentang berbagai tindak kecurangan, teror, intimidasi, dan kekerasan pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pidie 2012.(fik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved