Minggu, 21 Desember 2014
Serambi Indonesia

KIP Rekap Suara di Mapolres

Sabtu, 12 Mei 2012 10:43 WIB

* Hari Ini Pemenang Pilkada Aceh Tengah Diumumkan

TAKENGON - Komisi Pemilihan Independen (KIP) Kabupaten Aceh Tengah melanjutkan penghitungan surat suara terhadap empat kecamatan di Mapolres, Takengon, Jumat (11/5). Direncanakan, hasil rekap suara akan diumumkan pada hari ini, jika tidak selesai dihitung sampai kemarin malam.

Ratusan aparat keamanan menjaga ketat proses penghitungan suara yangdihadiri komisioner KIP Aceh Tengah, petugas PPK, Panwas, serta para saksi di dalam komplek Mapolres Aceh Tengah, tanpa dihadiri Ketua KIP Aceh Tengah, Hamidah. Sampai kemarin sore, keberadaannya belum diketahui sejak menghilang beberapa pekan sebelumnya.

Dilaporkan, rakapitulasi suara cabup/cawabup dimulai sekira pukul 08.00 WIB, diawali dengan rekap suara untuk empat kecamatan yang sebelumnya sempat tertunda yakni Pegasing, Bies, Bebesen dan Lut Tawar. Sedangkan 10 kecamatan lainnya telah selesai dilakukan sebelum adanya permintaan penundaan dari 10 kandidat cabup/cawabup Aceh Tengah.

Proses penghitungan surat suara sempat terhenti jelang pelaksanaan shalat Jumat dan dimulai lagi pada pukul 16.00 WIB. Sampai kemarin sore, sekitar pukul 18.30 WIB, proses penghitungan belum juga selesaikan dilakukan, sehingga dilanjutkan sampai malam dan jika tidak juga rampung, maka dilanjutkan pada hari ini, Sabtu (12/5), sekaligus pengumuman pemenang.

Komisioner KIP Aceh Tengah, Ivan Astafan Manurung, kepada Serambi Jumat (11/5) sore mengatakan proses rekapitulasi kecamatan belum juga selesai, sehingga untuk kabupaten belum bisa dilakukan. “Rekap kecamatan masih berlangsung dan jika selesai sore ini maka disambung untuk rekap kabupaten dan sebaliknya, jika tidak selesai akan disambung besok (hari ini-red),” kata Ivan.

“Setelah selesai rekapitulasi suara cabup/cawabup, maka pemenang suara terbanyak langsung diumumkan dan ditetapkan,” jelasnya. Setelah penetapan, kandidat lainnya diberi waktu tiga hari untuk memberi sanggahan atau keberatan dengan hasil tersebut.  “Sejauh ini tidak ada kendala meski  beberapa saksi berbeda pandangan namun proses rekapitulasi tetap berjalan baik,” ujar Ivan.

Dalam proses rekapitulasi suara cabup/cawabup Aceh Tengah, tanpa dihadiri Hamidah SH, Ketua KIP setempat. Sejak beberapa pekan terakhir keberadaan Hamidah SH, tidak diketahui bahkan ketika ditanya kepada sejumlah anggota KIP Aceh Tengah, mereka mengakui tidak mengetahui secara pasti keberadaan Ketua KIP itu. Namun dalam proses rekapitulasi suara, empat komisioner KIP Aceh Tengah, terlihat hadir di Mapolres Aceh Tengah.

Berdasarkan amatan Serambi, kemarin, situasi Kota Takengon, sejak perekapan suara terlihat kondusif serta tidak ada tanda-tanda pengerahan massa dari pihak-pihak yang sebelumnya menolak proses perekapan dilanjutkan.

Sementara itu, seperti diberitakan Serambi sebelumnya, untuk mengamankan proses rekapitulasi, Polres Aceh Tengah mengerahkan 550 aparat keamanan yang terdiri dari 300 personel Polres Aceh Tengah, 100 anggota Brimob dan 150 personel Samapta Polda Aceh. “Alhamdulillah sampai sejauh ini, kondisi masih kondusif dan proses rekapitulasi tetap berjalan. Namun pengamanan juga masih tetap disiagakan hingga proses ini selesai,” kata Kapolres Aceh Tengah, AKBP Dicky Sondani.(c35)

proses rekap

* KIP bersama PPK, Panwas dan saksi menghitung suara
* Ratusan polisi menjaga ketat sekitar Mapolres
* Tidak ada tanda-tanda pengerahan massa
* Dimulai dari pagi dan diperkirakan selesai hari ini
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas