Jumat, 28 November 2014
Serambi Indonesia

Mantan Istri Ilyas Pase Tersangka

Selasa, 5 Juni 2012 10:23 WIB

LHOKSUKON - Kejaksaan Negeri (Kejari) Lhoksukon beberapa bulan lalu telah menetapkan Umi Khatijah, mantan istri mantan Bupati Aceh Utara, Ilyas A Hamid (Ilyas Pase) sebagai tersangka dalam kasus penyelewengan dana pembinaan sanggar tari di 27 kecamatan dalam kabupaten tersebut pada tahun 2010.

Informasi yang dihimpun Serambi, Senin (4/6), saat itu Umi menjabat Ketua Sanggar Meuligoe Cut Meutia, Aceh Utara membuat program pembinaan sanggar tari di seluruh kecamatan di kabupaten tersebut. Masing-masing kecamatan diberi dana Rp 2,7 juta untuk honorarium pelatih. Namun, belakangan terungkap kegiatan tersebut diduga fiktif.

Kejari Lhoksukon telah menyelidiki kasus itu sejak akhir tahun 2011. Lalu, ditingkatkan status penyelidikan ke penyidikan pada awal 2012 dan menetapkan Umi sebagai tersangka. Kerugian negara dalam kasus itu diperkirakan Rp 100 juta. Bahkan, Kejari telah memeriksa tujuh saksi dalam kasus tersebut. Mereka adalah pengurus Sanggar Meuligoe Cut Meutia, Umi Khatijah, PNS bagian Kesra dan  Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Utara.

Kajari Lhoksukon, Zairida MHum, melalui Kasi Intel Indra Nuatan SH, saat dikonfirmasi Serambi, kemarin, mengakui pihaknya telah menyelidiki kasus itu sejak awal 2011. “Awal 2012 statusnya kita tingkatkan menjadi penyidikan, dan Umi Khatijah jadi tersangkanya. Kita sudah periksa Umi sebagai saksi, sedangkan sebagai tersangka belum,” sebut Indra didampingi Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Hendra Busrian.(c46)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas