Pilkada Aceh Barat

KIP Aceh Barat: Tito Bupati Terpilih

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat menetapkan HT Alaidinsyah (H Tito)/H Rachmat Fitri HD (H Nanda) sebagai Bupati

KIP Aceh Barat: Tito Bupati Terpilih
SERAMBI/RIZWAN
Saksi pasangan cabup/cawabup Aceh Barat, H Ramli MS/Moharriadi, Nurdin Raja Rimba menyerahkan surat penolakan hasil pilkada putaran dua dan tidak bersedia meneken hasil rekapitulasi, Sabtu (8/7) di gedung DPRK. Surat itu diterima Ketua KIP Aceh Barat, Mahrizal, setelah proses rekapitulasi yang dimenangkan pasangan HT Alaindinsyah/H Rahmat Fitri HD.
MEULABOH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat menetapkan HT Alaidinsyah (H Tito)/H Rachmat Fitri HD (H Nanda) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat terpilih. Dalam pilkada putaran kedua, 2 Juli lalu, pasangan ini meraup 50.378 suara (55,67%), sekaligus unggul atas rivalnya H Ramli MS/Moharriadi yang meraih 40.111 suara (44,33%).

Penetapan Bupati/Wakil Bupati Aceh Barat terpilih ini dilakukan dalam sidang pleno KIP setempat, Sabtu (8/7) kemarin. Sebelum penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, terlebih dahulu dilakukan rekapitulasi tingkat kabupaten yang dihadiri seluruh PPK (panitia pemilihan kecamatan).

Sidang itu dipimpin Ketua KIP Aceh Barat, Mahrizal dihadiri seluruh anggota KIP dan Panwas, serta Muspida meliputi Pj Bupati Ridwan Hasan, Kapolres Artanto, Dandim Andi Sirajuddin, dan Kajari Mara Ongku Nasution. Juga tampak hadir saksi dari pasangan kandidat. Proses rekapitulasi dikawal ketat aparat kepolisian dari Polres dan anggota Brimob.

Ketua KIP Aceh Barat, Mahrizal mengatakan, rekapitulasi berjalan lancar dan sudah dilakukan penetapan bupati/wakil bupati terpilih. Bagi pasangan yang keberatan dengan hasil pilkada, kata Mahrizal, bisa memanfaatkan waktu selama 3 hari, untuk mengajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau pun ada gugatan, kita sudah siap menghadapinya. Rekapitulasi hasil pilkada hari ini (kemarin-red) dihadiri oleh semua pihak terkait, termasuk semua unsur Muspida dan saksi dari kedua pasangan,” ujarnya.  

Menurutnya, dari hasil rekapitulasi untuk pasangan nomor urut 8 yakni pasangan HT Alaidinsyah/H Rachmat Fitri HD meraih 50.378 suara atau 55,67 persen dan pasangan nomor urut 11 yakni pasangan H Ramli MS/Moharriadi meraih 40.111 suara atau 44,33 persen. “Proses rekapitulasi berjalan lancar,” ujarnya.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved