Kamis, 18 Desember 2014
Serambi Indonesia

Lagi, Warga Keruk Kuala Pakai Cangkul

Sabtu, 14 Juli 2012 11:23 WIB

LHOKSUKON - Puluhan warga Desa Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Aceh Utara, baik laki-laki maupun perempuan, Jumat (13/7) kembali mengeruk kuala di desa setempat menggunakan cangkul. Aksi serupa juga telah dilakukan pada 6 Juli lalu.

Amatan Serambi, kemarin, aksi itu dimulai sekitar pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. Selain mengeruk kuala yang sudah dangkal, warga juga melakukan pelebaran kuala. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes karena sudah enam tahun terakhir kuala itu dangkal, namun hingga kini belum dikeruk oleh pemkab setempat. Dalam aksi kedua kalinya itu, warga berhasil mengeruk sepanjang 19 meter dengan kedalaman satu meter.

“Jika menunggu pemerintah mengeruk kuala, kami tidak tahu sampai kapan harus menunggu. Karena itu, kami berinisiatif untuk mengeruk sendiri,” ujar Hamdani (40), warga setempat. Warga lainnya, Mansur Abdullah berharap Pemkab Aceh Utara segera mengeruk kuala tersebut. Sehingga nelayan mudah saat melaut

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib, mengatakan, dirinya belum tahu detail soal dangkalnya kuala Cangkoi. “Tapi, saya akan segera minta laporan detail dari Camat Lapangdan Kadis DKP Aceh Utara terkait kedangkalan kuala tersebut. Jadi, untuk sementara saya belum bisa berkomentar banyak terkait hal itu,” ujarnya.(c46)
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas