Jumat, 28 November 2014
Serambi Indonesia

Dari Rebana Hingga Kaligrafi

Selasa, 24 Juli 2012 09:13 WIB

Dari Rebana Hingga Kaligrafi
KELOMPOK rebana memperlihatkan kemampuan pada acara wisudah di Dayah Nurul Iman, Cot Girek, Aceh Utara. Foto direkam beberapa waktu lalu.
KEGIATAN ekstrakurikuler (eskul) di Dayah Nurul Iman, Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara, menjadi salah satu cara untuk menyalurkan bakat santri. Saat ini, tercatat tujuh kegiatan eskul diadakan di dayah tersebut yakni kelompok rebana, pramuka, kaligrafi, sepak bola, drama, puisi dan pidato. Seluruh latihan digelar di kompleks dayah itu.

Pimpinan Dayah Nurul Iman, Tgk H Abdullah Hasan, kepada Serambi, kemarin, menyebutkan pelatih kegiatan eskul itu dipercayakan pada masing-masing ustaz dan ustazah yang memiliki kemampuan di bidang tertentu. “Khusus untuk pelatih kaligrafi, kami memiliki pelatih yang juga ustaz di dayah ini yang memiliki sertifikasi nasional. Kaligrafi salah satu kelompok yang paling digemari santri di sini,” sebut Tgk Abdullah.

Ditambahkan, khusus pertunjukkan drama dan puisi selalu ditampilkan pada even-even yang diselenggarakan di dayah tersebut. Misalnya, even wisuda santri yang diselenggarakan setiap akhir tahun dan even lainnya di dayah tersebut. Sementara, khusus kelompok pidato, dayah juga mengadakan lomba pidato bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia antarsantri. “Tujuannya, agar memotivasi mereka meraih prestasi,” sebut Tgk Abdullah.

Selain itu, gugus depan (Gudep) Pramuka dayah itu dikenal memiliki berbagai prestasi baik tingkat lokal dan nasional. Bahkan, beberapa santri dari dayah itu telah mengikuti jambore tingkat nasional di Cibubur, Jakarta bulan lalu. “Beberapa alumni kami juga telah ikut jambore internasional. Kami terus berupaya meningkatkan prestasi anak-anak ini baik lewat eskul maupun lewat nilai akademik mereka,” pungkasnya.  * masriadi sambo
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas