Sekolah Minta Seleksi Jalur Undangan PTN Obyektif

Ada kekhawatiran jika penilaian perguruan tinggi negeri (PTN) hanya mengandalkan nilai rapor semata

SERAMBINEWS.COM - Penerimaan mahasiswa baru secara nasional di perguruan tinggi negeri pada 2013, yang diubah menjadi 90 persen lewat jalur undangan terbuka bagi seluruh siswa kelas 3 SMA/madrasah aliyah/sekolah menengah kejuruan serta gratis, disambut baik sekolah.


Kebijakan tersebut dinilai mempermudah siswa untuk mengakses perguruan tinggi negeri. Namun, sekolah meminta supaya perguruan tinggi negeri menilai potensi siswa secara obyektif.

Ada kekhawatiran jika penilaian perguruan tinggi negeri (PTN) hanya mengandalkan nilai rapor semata dapat menimbulkan kecurangan dalam penilaian di rapor.


Bisa saja sekolah menjadi jor-joran memberi nilai rapor siswa. Sebab, banyaknya siswa yang diterima di PTN merupakan salah satu kebanggaan buat sekolah. "Untuk sekolah yang memang mengutamakan mutu, nilai rapor siswa tidak jor-joran, tapi benar-benar sesuai prestasi siswa.


Hal ini mesti dicermati setiap PTN dalam menyeleksi supaya yang diterima memang benar-benar siswa yang memenuhi syarat untuk bisa melanjutkan ke PTN.

Ikuti kami di
Editor: mufti
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help