A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Arab Saudi Tolak Tambah Kuota Haji - Serambi Indonesia
Minggu, 23 November 2014
Serambi Indonesia

Arab Saudi Tolak Tambah Kuota Haji

Rabu, 19 September 2012 09:55 WIB

BANDA ACEH - Pemerintah Arab Saudi menolak permintaan Pemerintah Republik Indonesia yang menginginkan tambahan kuota haji. Imbas dari penolakan itu otomatis untuk Aceh tahun ini tidak ada tambahan jatah jamaah calon haji (JCH). Dengan demikian, total tamu Allah yang berangkat dari Serambi Mekkah ini mulai 21 September 2012 hanyalah 3.924 orang.

Di sisi lain, tak adanya penambahan kuota haji tersebut menyebabkan daftar tunggu (waiting list) JCH Aceh makin panjang. Hingga Selasa (18/9) kemarin, daftar tunggunya sudah mencapai 48.029 orang. Untuk bisa memberangkatkan seluruhnya ke Mekkah, butuh waktu tunggu 14 tahun.

Tiadanya penambahan kuota haji itu dibenarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Drs H Ibnu Sa’dan MPd saat dikonfirmasi Serambi, Selasa (18/9) kemarin. “Tahun ini Kerajaan Arab Saudi tidak menambah kuota haji untuk negara mana pun,” ujar Ibnu Sa’dan.

Terkait sisa 15 JCH Aceh yang tidak mendaftar pada tahap ketiga, ujar Ibnu Sa’dan, menjadi kewenangan Menteri Agama apakah mengembalikan lagi ke Aceh atau tidak. “Itu wewenang Pak Menteri Agama,” katanya.

Hasil penelusuran Serambi, jumlah jamaah haji pada musim haji tahun ini diperkirakan mencapai 1,8 juta orang dari berbagai negara ditambah 1 juta orang jamaah haji lokal. Untuk Indonesia, diberikan kuota 211.000 jamaah. Terdiri atas 194.000 haji reguler dan 17.000 haji khusus.

Sementara itu, persiapan di Asrama Haji Banda Aceh, sudah rampung dan sudah siap menampung JCH yang akan berangkat. “Kami sudah siap,” kata Ibnu Sa’dan.

Kekhawatiran minimnya suplai air di Asrama Haji, menurut Ibnu Sa’dan, sudah teratasi. Begitu pula krisis listrik yang menjadi halangan untuk kelancaran tugas di asrama haji sudah tertangani. “Kami sudah menyewa satu unit genset untuk persiapan, apabila suatu waktu nanti listrik mengalami gangguan,” katanya.

JCH Aceh terbagi dalam 12 kloter. Kloter I masuk Asrama Haji di Jalan T Nyak Arief Banda Aceh pada Kamis (20/9). Satu malam berada di asrama untuk proses administrasi, kemudian pada Jumat (21/9) JCH terbang menuju Jeddah. (swa)

Kita Terus Lobi Pusat

Kita berharap, Jamaah Calon Haji Aceh tahun ini lebih banyak yang bisa diberangkatkan. Saya atas nama Pemerintah Aceh akan terus berupaya melobi pemerintah pusat, sehingga jatah JCH untuk Aceh dapat lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.
* Muzakir Manaf, Wakil Gubernur Aceh. (swa)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas