Senin, 4 Mei 2015

Merayakan Hari Bersih Pantai

Kamis, 20 September 2012 09:38

Merayakan Hari Bersih Pantai

KISAH ini saya nukilkan karena terinspirasi saat saya berpartisipasi sebagai relawan dari East West Center Community Program Honolulu pada hari Bersih Pantai Sedunia (International Coastal Clean-Up Day) di Hawaii, Amerika Serikat, 15 September 2012.

Hari itu, Sabtu pagi yang cerah, merupakan hari kebersamaan yang sangat berarti bagi kami, warga kampus. Saya bersama sejumlah teman pergi ke Sand Island di ujung Kota Honolulu untuk membantu masyarakatnya membersihkan sampah di sekitar pantai.

Ingatan saya langsung menerawang pada keindahan pantai Lhoknga, Ulee Lheue, Ujong Blang, Kuala Beukah, Pantai Kuala Idi Cut, Sabang, dan lainnya, ketika mengumpul sampah yang kemudian saya masukkan ke dalam kantong plastik yang tersedia.

Terbersit pula dalam pikiran saya, apakah pada hari yang sama, nun di nanggroe ulon tuan dilakukan juga aksi pembersihan pantai, seperti yang kami lakukan di Hawaii?

Sebagian orang menilai Hawaii adalah surga dunia dengan segala keindahan alam dan budayanya. Tapi bagi Sand Island, alias “Pulau Pasir” keadaannya sungguh jauh berbeda, tak seindah namanya. Pantai yang terletak di kawasan industri itu tampak kusam dan tidak asri dipandang lantaran sampah bertumpuk di mana-mana, sehingga berdampak pada kesehatan lingkungan sekitar. Tidak terlihat pula burung-burung terbang dan berkicau ataupun hewan-hewan laut berenang. Ini pertanda, tempat ini tidak nyaman untuk didiami.

Atas dasar itu, komunitas kami sebagai mahasiswa tergerak untuk membantu mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan itu. Kebersamaan akan budaya ohana (kekeluargaan) dan saka (persaudaraan) dalam masyarakat “Aloha” ini membuat mudah segala kegiatan yang dilakukan.

Kegiatan bersih-bersih ini kami mulai dengan mengumpulkan sampah yang sulit diurai oleh alam, seperti plastik, bungkus makanan, timah rokok, besi tua, bahkan ban pesawat udara pun kami temukan di air.

Halaman12
Editor: bakri
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas