Rabu, 26 November 2014
Serambi Indonesia

Dewan Desak Perbaikan Dermaga Apung

Rabu, 10 Oktober 2012 10:36 WIB

* Dermaga Alternatif Rawan Kecelakaan

SABANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang, EMK Muntadhir, Selasa (9/10), mendesak Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi dan Telematika (Dishubkomintel) Aceh serta pihak rekanan yang membangun dermaga kapal cepat Sabang, segera memperbaiki dermaga apung (ponton) yang bocor dan tenggelam pada awal Juni 2012 lalu.

Menurut Munthadir yang juga Sekretaris Komisi A (Bidang Pemerintahan dan Perhubungan) itu, sudah tiga bulan dermaga itu tenggelam dan belum terlihat upaya untuk memperbaiki sarana pelabuhan tersebut.

Akibat tenggelamnya dermaga apung itu, saat ini kapal cepat yang melayani angkutan penyeberangan Banda Aceh-Sabang tersebut, menggunakan dermaga darurat yang rawan kecelakaan.

“Dermaga alternatif yang ada saat ini, rentan kecelakaan walau sudah dipasang pagar pengaman. Karena lorong masuk kapal sangat sempit dan labil. Belum lagi ketika tiba musim angin timur, akan berpotensi terjadi kecelakaan,” katanya kemarin. Pantauan Serambi, saat ini ponton yang tenggelam sudah diangkat ke darat dan diperbaiki di galangan kapal PT Kodja Bahari Sabang.

PPTK Dishubkomintel Aceh, Maizar yang dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan, pihaknya sudah mengajukan dana rehab sebesar Rp 500 juta dalam RAPBA-Perubahan. Realisasinya tergantung persetujuan DPRA yang saat ini sedang membahas RAPBA-Perubahan tersebut.

“Tahap awal sudah kami lakukan pengangkatan ponton dan memperbaikinya. Untuk tahap kedua, kami masih menunggu alokasi dananya. Rencananya dermaga ini hanya direhab dan tetap menggunakan ponton, bukan dermaga permanen,” katanya.(gun)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas