A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

22 Pasangan Agam-Inong Incar Duta Wisata Aceh - Serambi Indonesia
Senin, 24 November 2014
Serambi Indonesia

22 Pasangan Agam-Inong Incar Duta Wisata Aceh

Jumat, 19 Oktober 2012 15:14 WIB

BANDA ACEH - Sebanyak 22 pasangan Agam-Inong hasil seleksi dari 22 kabupaten/kota di Aceh, mengikuti Pemilihan Duta Wisata Aceh Tahun 2012 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (18/10) kemarin. Mereka bersaing agar terpilih sebagai Duta Wisata Aceh tahun ini dan berhak mewakili Aceh ke tingkat nasional.

Dibanding pemilihan tahun lalu yang hanya diikuti 20 utusan kabupaten/kota, tahun ini meningkat jadi 22 perwakilan daerah. Hanya Kabupaten Aceh Tenggara yang tahun ini tidak mengirimkan wakilnya. Pemilihan Duta Wisata Aceh 2012 ini digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh dari 18-21 Oktober 2012. Kepala Dinas Budpar Aceh, Prof Jasman J Ma’ruf, Kamis (18/10) mengatakan, sejak pembukaan Kamis (18/10) hingga 21 Oktober, 22 pasangan peserta dari daerah-daerah dikarantina di Hotel Hermes Palace Banda Aceh. Mereka dinilai oleh lima orang juri. Terdiri atas Dr Salman Abdul Muthalib (penguji di bidang agama dan pengetahuan umum), Drs Arifin Syamaun (bahasa Inggris), Yuniati SPd (enterpreneurship), Dra Nurjanah Nitura (kepribadian), dan Drs Muchtar Mahmud MM (bidang kebudayaan dan pariwisata).

Selama karantina, para peserta dipantau oleh Duta Wisata Aceh tahun 2010 dan Duta Wisata Aceh tahun 2011.    

Pemilihan Duta Wisata Aceh ini merupakan agenda tahunan Disbudpar Aceh. Pada tahun ke-6 penyelenggaraannya, panitia mengusung tema “Pemilihan Duta Wisata Aceh merupakan sumber inspirasi dan motivasi generasi muda untuk melestarikan budaya dan mempromosikan pariwisata dalam rangka menyukseskan Visit Aceh 2013”.

Tema ini sengaja dipilih, kata Jasman, dengan tujuan untuk membangun kepedulian remaja Aceh terhadap upaya menjaga dan melestarikan budaya asli daerah sebagai salah satu sumber kekayaan dan kekuatan daerah, sekaligus mempromosikan potensi pariwisata di masing-masing daerah.

Setiap pasangan yang mewakili daerahnya dalam Pemilihan Duta Wisata Aceh 2012 akan mengikuti berbagai tahapan seleksi dan pengujian akademis yang diuji oleh lima orang juri. Peserta juga harus mampu menguasai salah satu tarian kesenian daerah Aceh dan mampu memperagakannya di depan dewan juri.  

Pasangan terbaik dengan julukan “Duta Wisata Aceh 2012” akan dipilih untuk mewakili Aceh pada Pemilihan Duta Wisata Nasional bulan Desember 2012 di Provinsi Bali.

Jasman J Ma’ruf menyebutkan, pemilihan duta wisata daerah ini jangan dipandang sebagai seremonial belaka. Tapi sebaliknya, lewat ajang ini aka dapat melahirkan putra-putri daerah dengan sebutan duta wisata yang memiliki kepribadian dan profesionalisme yang baik sesuai dengan tuntunan agama Islam, budaya, dan adat istiadat yang islami, mampu berbahasa asing, sekaligus menguasai teknik promosi yang didukung dengan jiwa enterpreneurship yang memadai.

“Pada sesi terakhir penjurian, 22 pasangan itu akan dibawa ke Gampong Wisata Aceh di Gampong Lubok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dan berdialog dengan masyarakat di daerah itu,” ujar Jasman didampingi Ketua Panitia Pemilihan Duta Wisata Aceh 2012, Amir.

 Tahapan

Panitia juga sudah menyusun jadwal kegiatan sebagai berikut: Kamis (18/10) perkenalan, wawancara bidang agama dan pengetahuan umum, bahasa Inggris, dan pengetahuan pariwisata. Jumat (19/10) mengunjungi SMAN 4 Banda Aceh dan SMAN 12 Banda Aceh, merias wajah (Kecantikan) dan ujian kepribadian. Sabtu (20/10) ujian penguasaan panggung (kareografi), kunjungan ke Gampong Wisata di Lubok, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, dan malam harinya pengumuman pemenang. (min)


Nama finalis duta wisata 2012
Kota Sabang: Riswanto, Misrul Rahmi Utami
Kota Banda Aceh: Muhammad Fathun, Syarifah Munira
Aceh Besar: Ichwan Hassafa, Winda Ulfa
Pidie: T Muammar Qhadafi Tuwasza, Ira Maya Sukma
Pidie Jaya: M A Habiebie, Nurul Azila
Bireuen: Ferri Zulfahmi Al-Fachri, Fitri Handayani
Lhokseumawe: Abrar Hidayatullah, Suci Taharatunnisa
Aceh Utara: T Akbar, Afyela Risqa
Aceh Tengah: Rahmat Akbar, Rizki Hawalaina
Bener Meriah: Iznal Kudumi, Siti Hajar
Kota Langsa: Azhari, Niva Fibrina
Aceh Tamiang: Fajar Hidayah, Ismayani
Aceh Timur: Muhammad Anis Kelda ST, Cut Putri Andalia
Gayo Lues: Nikita Putra Mahardika, Peggi Epaga
Aceh Jaya: Rudi Kahendra, Cut Fathia Shamada
Aceh Barat: Reyhan Gufriyansyah, Afla Nadya
Simeulue: M Rezi Akbar, Lusia Muliana
Aceh Selatan: Azhiemi Iqbal, Widia Citra
Aceh Singkil: Jen Eko Sumarlin, Nurmayanti
Nagan Raya: Ali Nasri, Sirva Hardana
Subulussalam: Ari Rahmadi Martha, Siti Dwi Khoirunnisa
Aceh Barat Daya: Rizki Novianda, Yosa Lanovastia
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas