Dicari, Kepala SMA/SMK Berwawasan Lingkungan

Kemendikbud mencari sosok kepala sekolah (kepsek) SMA/SMK yang berwawasan lingkungan hidup pada tahun ini.

SERAMBINEWS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencari sosok kepala sekolah (kepsek) SMA/SMK yang berwawasan lingkungan hidup pada tahun ini. Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P2TK) Surya Dharma menyatakan, kementerian sedang memilih nama-nama kepala sekolah yang memiliki wawasan dan berperilaku ramah terhadap lingkungan serta siap bertanggung jawab dalam mentransfer wawasan tersebut.


"Ini semacam lomba dari Mendikbud yang pelaksanaannya sudah masuk tahun ketiga. Kami mencari sosok Kepsek yang dapat mempraktikkan kehidupan ramah lingkungan di sekolah dan sekitarnya, juga punya wawasan lingkungan yang luas dan harus mempunyai inovasi dalam gerakan cinta lingkungannya," ujar Surya saat ditemui di acara peluncuran Sekolah Sobat Bumi PT. Pertamina di Jakarta.


Dalam program tersebut, Surya menjelaskan ada tiga bidang yang termasuk dalam program peningkatan mutu kepala sekolah, yaitu bidang ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup. Melalui KTSP dalam konteks lingkungan hidup, pemerintah ingin dalam hal ini, pendidikan karakter pendidik dapat terbentuk melalui kegiatan tersebut.


"Kalau kita angkat tema besarnya, pendidikan ini saat ini sedang dalam mengembangkan pendidikan karakter.
Salah satu bagiannya adalah cinta terhadap lingkungan. Kita mencoba fokus bagaimana memilih pemimpin sekolah yang sungguh cinta terhadap lingkungan," katanya lagi.


Dari kepala sekolah yang nantinya terpilih, dia mengharapkan akan ada pemimpin sekolah yang membawa perubahan pembenahan alam, sehingga tercipta sekolah yang bersih, asri, dan banyak tanaman hijau, atau sekolah green school semakin banyak.


"Oke, dalam memilih kepala sekolah berwawasan lingkungan ini, kita sudah meminta dinas pendidikan provinsi untuk menggelar pemilihan di 33 provinsi, kemudian diknas merekomendasikan satu nama kepsek terbaik, yang jika sudah memenuhi syarat, akan kami undang ke Jakarta untuk dipilih secara nasional," terangnya.


Selanjutnya, nama-nama kepsek tersebut akan mengikuti tahapan verifikasi dan kompetensi di bidang lingkungan hidup. Panitia akan mendatangi sekolah asal dan melakukan verifikasi. Jika terbukti berkualitas, maka kepsek tersebut berhak mengikuti ajang lomba di tingkat nasional. Penganugerahan kepsek berwawasan lingkungan akan diberikan pada hari guru nasional, yaitu 25 November 2012.

Editor: mufti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved