Kamis, 27 November 2014
Serambi Indonesia

Duta Wisata Aceh 2012

Minggu, 21 Oktober 2012 12:51 WIB

Duta Wisata Aceh 2012
SERAMBI/BUDI FATRIA
Duta Wisata Kota Banda Aceh, Muhammad Fathun (kiri) bersama Duta Wisata Aceh Barat Daya, Yosa Lanovastia (kanan) terpilih sebagai Duta Wisata Aceh 2012 pada sesi penobatan juara di Hermes Palace, Banda Aceh, Sabtu (21/10) malam.
Fathun dan Yosa

BANDA ACEH - Muhammad Fathun dari Banda Aceh dan Yosa Lanovastia dari Aceh Barat Daya (Abdya), dinobatkan sebagai Duta Wisata Aceh 2012 dalam prosesi pemilihan yang diikuti oleh pasangan Agam-Inong utusan 22 kabupaten/kota di Aceh, di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Sabtu (20/10) malam tadi.

Ketua Dewan Juri, Arifin Syama’un, mengatakan selain menetapkan juara terpilih berdasarkan peringkat nilai (lihat: Pasangan Juara-red), Dewan Juri Duta Wisata Aceh 2012 juga memilih enam peserta dengan kriteri khusus. Untuk kriteria intelegensi terpilih Fajar Hidayat dari Aceh Tamiang dan Syarifah Munira dari Banda Aceh.

Kriteria penampilan terbaik T Muammar Qhadafi Tuwasza dari Pidie, dan Suci Taharatunnisa dari Lhokseumawe. “Sedangkan kriteria presentasi terbaik dinobatkan kepada Azhiemi Iqbal dari Aceh Selatan dan Siti Hajar dari Bener Meriah,” kata Arifin, yang didamping anggota Dewan Juri masing-masing Muchtar Mahmud, Nur Janah Nitura, Yuniati, dan Salman Abdul Muthalib.  

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Aceh, Jasman J Ma’aruf mengatakan, peserta yang terpilih sebagai Juara I Duta Wisata Aceh 2012 akan diikutkan mewakili Aceh ke pemilihan Duta Wisata Nasional yang akan digelar di Bali, pada 18-22 Desember mendatang. “Kita menargetkan bisa masuki dalam 5 Besar dalam pemilihan Duta Wisata Nasional itu,” katanya.

Sedangkan Untuk juara dan runner up, tambah Jasman, akan menjadi panitia yang akan mempersiapkan acara pemilihan Duta Wisata Aceh 2013 dan pemilihan Duta Wisata Nasional 2013 yang akan digelar di Aceh. “Kita juga akan persiapkan mereka yang terpilih malam ini untuk dilatih tentang objek wisata dan daya tarik budaya kita. Karena kita ingin menjadi Aceh sebagai wisata religi bernuansa budaya pertama di Asia Tenggara,” ujarnya.

Sedangkan Staf Ahli Gubernur Aceh, Ismayani, mengharapkan kepada peserta yang menang atau tidak menang agar tetap mempromosikan wisata Aceh. Begitu juga dengan duta wisata dari tingkat kabupaten/kota agar tetap mempromosikan dan menjadi duta wisata bagi kabupaten/kota masing-masing termasuk mempromosikan Aceh. “Kita berharap agar wisata Aceh menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan,” harap Ismayani yang mewakili Gubernur Aceh.(adi)

pasangan juara

* Juara I: Muhammad Fathun (Banda Aceh) dan Yosa Lanovastia (Abdya) * Juara II: Muhammad Anis Kelda (Aceh Timur) dan Afla Nadya (Aceh Barat) * Juara III: T Akbar (Aceh Utara) dan Rizki Hawalaina Aceh Tengah) * Juara Harapan I: Abrar Hidayatullah (Lhokseumawe) dan Misrul Rahmi Utami (Sabang) * Juara Harapan II: Rahmat Akbar (Aceh Tengah) dan Afyela Risqa (Aceh Utara) * Juara Harapan III: Ichwan Hassafa dan Winda Ulfa (keduanya dari Aceh Besar).(adi)
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas