Kamis, 27 November 2014
Serambi Indonesia

Sore Ini Gubernur Lantik Puluhan Pejabat Eselon II

Senin, 5 November 2012 10:08 WIB

* Baong Bertahan sebagai Pj Bupati Aceh Tengah

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, sore ini, Senin (5/11) dijadwalkan melantik sekitar 30 pejabat eselon II yang akan menduduki jabatan kepala dinas, kepada badan, dan kepala biro di lingkungan Pemerintah Aceh. Salah satu pejabat yang akan dlantik kembali untuk posisi eselon II adalah Ir Mohd Tanwier MM atau yang dikenal dengan panggilan Baong agar jabatannya sebagai Pj Bupati Aceh Tengah tak lagi memunculkan kontroversi secara hukum.

Sampai tadi malam Serambi belum mendapatkan nama-nama pejabat eselon II yang akan dilantik untuk mengisi jabatan kepala dinas, kepala badan, dan kepala biro. Sekda Aceh, T Setia Budi yang dimintai konfirmasinya hanya membenarkan adanya jadwal gubernur untuk melantik puluhan pejabat eselon II pada Senin (5/11) sore.

“Ya, memang ada jadwal gubernur melantik pejabat eselon II. Tapi berapa jumlahnya, siapa saja orangnya, dan dinas mana saja, itu yang belum disampaikannya kepada kami,” kata Sekda Setia Budi.

Satu-satunya informasi yang diterima dari Sekda Aceh adalah masuknya nama Baong dalam paket yang akan dilantik. Menurut Sekda Aceh, pihaknya mendapat informasi bahwa gubernur akan melantik kembali Ir Tanwier yang kini Pj Bupati Aceh Tengah untuk duduk kembali pada jabatan eselon II. Ini dikarenakan jabatan eselon II -nya yang lama yaitu staf ahli gubernur bidang pemerintahan telah diserahkan oleh Pj Gubernur Aceh, Ir Tarmizi Karim kepada M Ali Basyah yang sebelumnya Pj Bupati Aceh Utara.

“Pelantikan kembali Ir Tanwier untuk menduduki jabatan eselon II karena telah memunculkan kontroversi termasuk dipersoalkan oleh anggota DPRK Aceh Tengah. Agar tak memunculkan perdebatan hukum berkepanjangan, beliau dilantik kembali pada jabatan eselon II dan akan tetap melaksanakan tugas sebagai Pj Bupati Aceh Tengah,” kata Sekda Setia Budi.

Prosesi pelantikan pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Aceh pada Senin (5/11) sore berlangsung di lantai dasar lobi Kantor Gubernur atau di Gedung Serbaguna. Sebab, jumlah pejabat yang akan dilantik mencapai 30 orang lebih.

Terkait dengan acara pelantikan itu, Sekda Aceh juga telah memerintahkan Kepala Biro Hukum dan Humas menyiapkan pidato pelantikan. Diakui Sekda Aceh, ini merupakan pelantikan terbanyak pejabat eseloan II sepanjang sejarah Pemerintahan Aceh.

Sejumlah sumber Serambi mengatakan, dari puluhan pejabat eseloan II yang akan dilantik hari ini, ada yang berasal dari Unsyiah dan IAIN, instansi vertikal, serta pejabat eselon II kabupaten/kota yang pernah ditunjuk sebagai Pj Bupati/Wali Kota. “Bisa dipastikan bakal banyak pejabat lama yang nonjob atau bangku panjang, karena dinilai dalam empat bulan terakhir kinerja mereka melemah sehingga perlu diganti dengan pejabat baru yang lebih energik,” ujar seorang sumber.(her)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas