Kamis, 18 Desember 2014
Serambi Indonesia

Sarang Walet Hitam Dihargai 400.000/Kg

Jumat, 23 November 2012 09:18 WIB

BANDA ACEH - Pedagang dan pengusaha sarang burung walet mengeluhkan anjloknya harga jual sarang burung walet, baik walet hitam maupun walet putih.

“Penurunan harga tersebut telah berlangsung sejak Mei 2009 lalu hingga sekarang,” kata pengusaha burung walet asal Keuluang, Kecamatan Lamno, Aceh Jaya, Rusli Abda, yang datang ke Newsroom Serambi, Rabu (21/11) malam.

Untuk sarang burung walet hitam ia sebutkan, harga jualnya di Medan hanya Rp 400.000 per kilogram. Jauh menurun dibandingkan harga pada April 2009 yang mencapai Rp 5,5 juta sekilo. Demikian juga untuk sarang burung walet putih, dari Rp 8,5 juta turun menjadi Rp 2,5 juta per kilogram.

Karena situasi itu pula, kata Rusli, pihaknya tidak bisa menampung penawaran sarang burung walet hitam dan putih dari pedagang. Sebab harga yang begitu turun drastis, dikhawatirkan akan memunculkan spekulasi yang tidak diharapkan.

“Bisa saja kan para pedagang menggangap ada permainan dari para pengusaha. Kalau memang tidak percaya, silakan saja jual ke Medan. Betul tidak harganya menurun jauh seperti yang kami sebutkan. Kami juga sudah menanyakan hal itu ke pengusaha di Medan. Mereka juga tidak tahu penyebabnya,” ungkap Rusli.

Ia berharap Pemerintah Aceh memberi perhatian dan mencari solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Karena menurutnya sarang walet juga berpotensi besar mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemerintah.(mir)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas