Jumat, 28 November 2014
Serambi Indonesia

Dosen Akper se-Aceh Dilatih Susun Soal Uji Kompetensi

Sabtu, 24 November 2012 11:50 WIB

BANDA ACEH - Sebanyak 44 dosen D3 Akademi Keperawatan (Akper) negeri dan swasta di Aceh mengikuti pelatihan membuat soal ujikompetensi kepada mahasiswa di Hotel Madinah, Banda Aceh, Jumat hingga Minggu (23-25/11). Pelatihan digelar D3 Keperawatan Poltekkes Aceh diisi nara sumber dari Asosiasi Institusi Pendidikan D3 Keperawatan Indonesia (AIPDIKI) Jakarta.

Ketua Panitia Hj Halimatussakdiah mengatakan pelatihan itu diperlukan karena mulai 2013 nanti setiap lulusan D3, selain harus lulus semua mata kuliah juga harus lulus uji kompetensi sehingga baru dianggap tamat D3 Keperawatan.

“Hal ini untuk meningkatkan kualitas lulusan D3 Keperawatan dalam memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat. Jika sudah lulus uji kompetensi baru mahasiswa memperoleh surat tanda registrasi perawat (SDRP),” kata Halimatussakdiah kepada Serambi di sela-sela acara itu.

Didampingi Ketua Jurusan D3 Keperawatan Poltekkes Aceh Alamsyah, Halimatussakdiah mengatakan jika belum memperoleh SDRP, maka lulusan belum bisa mengabdi, baik untuk PNS maupun membuka praktik sendiri.

Adapun hal yang dilatih kepada para dosen itu untuk membuat soal uji kompetensi terhadap enam mata pelajaran pokok di D3 Keperawatan. Yaitu tentang keperawatan anak, medikal bedah, keperawatan jiwa, manajemen keperawatan, komunitas, dan kesehatan masyarakat.(sal)
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas