Senin, 22 Desember 2014
Serambi Indonesia

Penduduk Aceh Tengah 213.732 Jiwa

Sabtu, 8 Desember 2012 11:30 WIB

TAKENGON - Jumlah penduduk Kabupaten Aceh Tengah sebanyak 213.732 jiwa, berdasarkan Data Agregat Kependududukan per Kecamatan (DAK2). Jumlah tersebut, tercantum di DAK2 yang diserahkan Pj Bupati Aceh Tengah, Mohd Tanwier, diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Muhammad Syukri MPd, kepada Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah, Hj Hamidah SH MH, Kamis (6/12) di Operation Room Setdakab di Takengon.    

“DAK2 ini merupakan tahapan dasar dalam pelaksanaan Pemilu legislatif 2014 untuk mendapatkan wakil rakyat yang aspiratif dan bertanggungjawab. DAK2 sebagai bahan menyusun daerah pemilihan di kabupaten/kota masing-masing, sehingga harus diserahkan 16 bulan sebelum Pemilu berlangsung,” kata Drs Muhammad Syukri ketika membacakan sambutan Mendagri, Gamawan Fauzi, di sela-sela acara penyerahan DAK2.

Menurut dia, dalam data tersebut, jumlah penduduk Aceh Tengah, sebanyak 213.732 jiwa yang tersebar di 14 kecamatan dan telah dimutakhirkan oleh  Disdukcapil Aceh Tengah serta telah diverifikasi oleh Kemendagri, berdasarkan program SIAK dan hasil perekaman e-KTP.

Untuk itu, katanya, diharapkan database kependudukan yang sudah terbangun ini, harus dijaga akurasinya melalui pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil setiap hari. “Pelaporan lahir, meninggal dunia, pindah dan datang (LAMPID) oleh penduduk harus dilaksanakan secara terus-menerus,” pungkasnya.

Sedangkan penyerahan DAK2 kepada penyelenggara pemilu yang dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tengah, turut dihadiri Wakapolres Aceh Tengah, Kompol Suyoto, perwakilan Kejari Takengon, Gunawan Sipayung SH, mewakili Dandim 0106 Aceh Tengah, anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), camat dan sejumlah pimpinan SKPK di daerah itu.(c35)
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas