A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Alfian Ibrahim Kembali Jadi Rektor UTU - Serambi Indonesia
Senin, 24 November 2014
Serambi Indonesia

Alfian Ibrahim Kembali Jadi Rektor UTU

Sabtu, 15 Desember 2012 12:21 WIB

Alfian Ibrahim Kembali Jadi Rektor UTU
SERAMBI/RIZWAN
Bupati Aceh Barat, HT Alaidinsyah memasang gordon (selempang) kepada Rektor Universitas Teuku Umat (UTU) yang baru, Drs Alfian Ibrahim MS yang dilantik di aula kantor bupati setempat, Jumat (13/12).
MEULABOH - Setelah sempat meninggalkan kursi rektor selama setahun lebih, akhirnya Drs H Alfian Ibrahim MS, kembali menjadi Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh. Pelantikan Alfian Abrahim sebagai Rektor UTU periode 2012-2016 itu dilakukan Bupati Aceh Barat selaku ketua dewan pembina Yayasan Pendidikan Teuku Umar Johan Pahlawan (YPTUJP) yang menaungi Universitas Teuku Umar (UTU), HT Alaidinsyah, Jumat (14/12).

Namun pergantian rektor  dipersoalkan oleh rektor lama, Ir Abdul Malik Ali MSi yang menilai pergantian dirinya tidak sesuai mekanisme akademik, apalagi dirinya masih menjabat rektor UTU hingga tahun 2015 mendatang. Namun sebelum pelantikan, pihak yayasan membacakan surat keputusan pemberhentian rektor lama, Ir Abdul Malik Ali dan melantik rektor baru, Drs Alfian Ibrahim MS.

Sebelum  kembali diangkat sebagai Rektor UTU pada periode kedua ini, Alfian Ibrahim pernah menjabat Rektor UTU pertama selama lima tahun sejak 2006 sampai 2010.  

Prosesi pergantian rektor tersebut dilaksanakan di aula kantor bupati, dihadiri Kapolres AKBP Faisal Rivai, Dandim 0105 Letkol Arm Deny Azhar Rizaldi, Kajari Mara Ongku Nasution SH, dan Wabup H Rachamt Fitri HD. Turut hadir juga Bupati Nagan Raya HT Zulkanaini, dan Ketua YPTUJP, Rusmadi SH, serta civitas akademika UTU Meulaboh.

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan, pergantian rektor UTU merupakan murni hasil pemilihan anggota senat yang dilaksanakan beberapa waktu lalu serta tidak dipengaruhi oleh kepentingan politik. “Langkah ini dilakukan untuk mendukung proses percepatan penegerian, sehingga diperlukan rektor yang definif dan memenuhi syarat sebagaimana yang telah ditetapkan,” ujar Bupati.

Bupati Alaidinsyah menyebutkan, UTU merupakan kampus terbesar di kawasan pantai Barat dan Selatan Aceh sekaligus menjadi tumpuan masyarakat dalam menimba ilmu. Karena itu kepada rektor baru agar ke depan lebih meningkatkan kualitas SDM, sekaligus menciptakan  suasana kampus lebih ilmiah.

Bupati juga menyatakan akan berkomunikasi dengan rekan-rekan para bupati di wilayah Barat-Selatan untuk sama-sama memberikan perhatian sehingga UTU bisa segera negeri. “Dirjen Dikti maupun komisi X DPR-RI telah memberikan lampu hijau terhadap penegerian UTU di wilayah barat-selatan Aceh ini,” jelas bupati selaku ketua dewan pembina yayasan kampus milik Pemkab Aceh Barat.(riz)

* penjelasan mereka
Percepat Penegerian


Setelah prosesi pelantikan, Rektor Alfian Ibrahim memaparkan program dan harapannyaterhadap UTU Meulaboh. Di antaranya, ia menyatakan akan berupaya mempercepat penegerian UTU, menguatkan institusi dan sumber daya, serta menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi.
Rektor baru ini juga menyampaikan terima kasih karena telah dipercaya menjadi Rektor UTU kembali. Ia juga meminta diberikan masukan dari Muspida demi kemajuan UTU ke depan.(riz)

Adanya Kekompakan


PRESIDEN Mahasiswa (Presma) UTU Meulaboh, Ade Irwanto menyampaikan harapan dengan dilantiknya rektor baru di UTU yakni percepat proses penegerian, satu tekat dan beragam untuk menyongsong penegerian, serta adanya kekompakan antarmahasiswa dan pihak rektorat, sebab selama ini dinilainya masih kurang sehingga ke depan bisa lebih baik lagi.(riz)

Saya Diganti Mendadak


REKTOR lama, Ir Abdul Malik Ali MSi kepada Serambi kemarin menyatakan heran pergantian dirinya dari Rektor UTU secara mendadak. Apalagi jabatan yang diembannya baru 1,4 tahun dan akan berakhir pada 2015 mendatang.

Pergantian dirinya, kata Abdul Malik Ali, juga tidak pernah dikoordinasikan dengan dan dirinya juga sudah mempertanyakan kepada yayasan dan bupati selaku ketua dewan pembina bahwa pergantian ini tidak sesuai dengan mekanisme akademik.

“Saya tidak diberitahukan atas pergantian saya, saya tahu pada Kamis sore bahwa saya akan diganti. Seharusnya bukan rektor dulu yang harus diurus untuk diganti tetapi bagaimana UTU bisa segera negeri yang kini juga sedang kita gagas,” ungkapnya kecewa.(riz)

biografi alfian ibrahim

* Nama: Drs H Alfian Ibrahim MS
* TTL: Meulaboh, 11 Juli 1947
* Pendidikan:
** S-1 Fakultas Ekonomi Unsyiah Banda Aceh, tahun 1975
** S-2: Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, tahun 1982
* Pekerjaan sebelumnya:
** Dosen FE Unsyiah tahun 1971-2012 (pensiun 11 Juli 2012)
** Pembantu Rektor II Unsyiah, tahun 2004-2006
** Rektor UTU pertama, tahun 2006-2010
* Nama Istri: Diwanna Dawood
* Nama Anak: ** Rudiansyah (37), pekerjaan dosen FT Unsyiah
** Irma Dewiyanti (30), pekerjaan dosen Kelautan Unsyiah
* Alamat Rumah: Sektor Timur E-21, Kopelma Darussalam, Banda Aceh
Editor: hasyim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas