Jumat, 28 November 2014
Serambi Indonesia

KIP Simeulue Usul Penambahan Dapil

Rabu, 19 Desember 2012 11:39 WIB

* Kursi DPRK Tetap 20

SINABANG - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Simeulue tengah menyusun draf usulan penambahan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, dari dua dapil menjadi empat. Meski demikian, jumlah kursi di DPRK tetap tidak berubah, yakni 20 kursi.  

“Sedang disusun draf untuk usulan menambah dapil pada Pileg Simeulue 2014 mendatang, dari dua menjadi empat dapil,” kata Ketua KIP Simeulue Achyar Yulius SH, kepada Serambi, Selasa (18/12) di Sinabang.

Ia menambahkan, jika pun usulan penambahan dapil ini disetujui, tidak akan mempengarhui jumlah kursi wakil rakyat yang akan duduk di DPRK Simeulue, yang berjumlah 20 kursi. “Sebab penduduk Simeulue masih di bawah 100 ribu jiwa dan itu sesuai UU tentang pemilu,” ujarnya.

Ia memaparkan, sesuai yang telah diatur dalam undang-undang, acuan untuk menambah daerah pemilihan sah-sah saja, asalkan antara satu kecamatan dengan kecamatan lainnya saling berdekatan, terhubung jalur transportasi darat, terdapat persamaan budaya dan bahasa. Untuk jumlah kursi di setiap dapil akan disesuaikan dengan jumlah penduduk di masing-masing dapil.

“Setiap ada pertemuan dengan pimpinan parpol di Simeulue, wacana penambahan daerah pemilihan ini selalu saya sampaikan dan mereka menyambut baik atas upaya yang tengah disusun ini,” kata Achyar.

Pada bagian lain, Achyar Yulius mengatakan, sebanyak 18 partai politik berbasis nasional (parnas) dan lokal (parlok), lolos verifikasi faktual yang dilkukan oleh pihak KIP Simeulue. Pengumuman dan penetapan ke 18 parpol yang lolos verifikasi faktual dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka KIP Simeulue, yang diikuti seluruh pengurus partai, Selasa (18/12).

“Di Simeulue sebanyak 18 partai politik, baik parnas maupun parlok  yang dinyatakan lulus verifikasi faktual dan ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2014 mendatang,” kata Achyar.

Ke-16 parpol dimaksud adalah, Partai PA, PPP, Nasdem, PAN, PBB, PDIP, PDP, Demokrat, Gerindera, Golkar, Hanura, PKPI, PKS, PKB, PKIB, PPN, PNA, dan Partai PDA.

Selain 18 partai politik peserta pemilu yang sudah dinyatakan  lolos verifikasi faktual dan sebagai peserta Pemilu 2014, KIP Simeulue kini juga sedang melakukan verifikasi sembilan parpol lainnya dan diperkirakan diumumkan pada 29 Desember 2012 mendatang.

Sebanyak sembilan [arpol yang masih dalam proses verikasi adalah, PKPS, Republik, Nasrep, PDS, PPDI, PPPI, Pakar, PKNU, dan Partai PDK. “Saat ini masih dalam proses verifikasi lanjutan, akhir Desember ini akan diumumkan,” demikian Achyar.(c48)
Editor: bakri

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas