• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Menikmati Musim Dingin di Turki

Kamis, 10 Januari 2013 16:29 WIB
Menikmati Musim Dingin di Turki
VINA AZFIANA, peserta pelatihan di Turki selama enam bulan dari Pasiad Indonesia, melaporkan dari Turki

VINA AZFIANA, peserta pelatihan di Turki selama enam bulan dari Pasiad Indonesia, melaporkan dari Turki

MERASAKAN
pertama kali berada di Turki, sungguh hal yang sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman paling berkesan dalam hidup saya, karena berada jauh dari negara, orang tua, dan kerabat sendiri. Tapi di sisi lain semua itu mengajarkan saya untuk semakin pandai bersyukur atas tak terhingganya anugerah yang Allah berikan kepada hamba-Nya, termasuk saya.

Pengalaman berkesan saya di Turki ini berawal pada hari Kamis dua pekan lalu. Saat itu merupakan hari pertama turun salju di Turki, hal yang tidak pernah saya rasakan selama berada di Aceh sampai saya menamatkan kuliah di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Maklum, Aceh termasuk daerah tropis yang hanya mengenal dua musim dalam setahun: musim kemarau dan penghujan.

Turki yang memasuki musim dingin sejak Desember lalu, hingga minggu pertama Januari 2013 ini masih terus turun salju. Kala malam hingga menjelang fajar menyingsing, salju tersebut berkilauan diterpa sinar lampu-lampu merkuri yang menerangi kota. Begitu pagi tampak mobil-mobil yang diparkir di pinggir jalan telah dipenuhi salju. Begitu pula ruas-ruas jalan di Ankara, ibu kota Turki, maupun di Istambul, salah satu kota terbesar Turki. Musim dingin ini akan berlangsung dua bulan ke depan.

Suhu terasa lebih dingin daripada biasanya, karena temperatur harian anjlok ke angka 1-3 derajat Celcius. Namun, yang menarik saya amati, aktivitas masyarakat Turki tetap berjalan normal seperti biasanya. Meski dingin menusuk tulang, saya pun seperti hari-hari biasanya tetap bersemangat berangkat ke sekolah menggunakan layanan bus sekolah. Cuma ada hal yang membedakan penampilan warga Turki pada musim semi dengan musim salju seperti sekarang ini. Masyarakat yang biasanya hanya memakai sepatu biasa, kini berubah penampilannya, memakai sepatu boot. Mereka juga mengenakan jaket tebal saat ke luar rumah.

Baju atau jaket tebal, sepatu boot, serta sarung tangan tak lupa menjadi pelengkap setiap penampilan pada musim dingin di sini. Saya senang dengan pengalaman pertama merasakan salju di negeri ini.

Hari demi hari di musim salju ini saya rasakan dinginnya semakin menusuk hingga ke tulang. Apalagi diikuti dengan angin kencang membuat hawa dingin terasa lebih dingin. Untungnya di setiap ruang sekolah dilengkapi alat penghangat ruangan (hitter), sehingga kegiatan belajar dapat berlangsung seperti pada hari biasa.

Di musim salju ini saya harus lebih serius menjaga kesehatan, termasuk harus sangat selektif memilih makanan. Penduduk negeri kebab ini sudah mengalami musim seperti ini sejak dulu, jadi makanannya pun mereka sesuaikan dengan keadaan musim yang mereka alami.

Diam-diam, rasa dingin ini membuat saya rindu pada makanan khas Aceh, seperti kuah asam keueng, kuah pliek, dan ungkot sambai.

Insya Allah setelah musim dingin ini akan kami masuki musim semi.

Selama di Turki saya amati pula tata pergaulan orang di sini yang ternyata sangat mudah berdoa kepada orang yang disapanya. Dalam setiap sapaan atau ucapan mereka terkandung doa, misalnya, saat mereka ucapkan “Allah rehatlik olsun” (semoga Allah memberi kenyamanan kepada Anda) dan “Allah kolay versin” (semoga Allah memudahkan urusan Anda).

Alhamdulillah, selama di Turki saya berkali-kali mendapat sapaan sekaligus doa seperti ini. Mengesankan sekali. [email penulis: vina_vixion@yahoo.com]

* Bila Anda punya informasi menarik, kirimkan naskah dan fotonya serta identitas Anda ke email: redaksi@serambinews.com
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
139063 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas