• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 30 September 2014
Serambi Indonesia

Belasan Hektar Tanaman Padi Diserang Hama

Sabtu, 12 Januari 2013 11:17 WIB
BLANGPIDIE- Belasan hektar tanaman padi di areal persawahan di Desa Sejahtera dan Desa Blang Manggeng, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terancam gagal panen. Pasalnya, tanaman padi milik petani yang sedang bunting itu kini diserang hama wereng.

Keuchik Sejahtera, Muhammad, kepada Serambi, Jumat (11/1) mengatakan, sebagian besar petani di daerahnya pada musim tahun ini mengalami gagal panen. Serangan hama tersebut terjadi saat tanaman padi sedang bunting.

Meski telah dilakukan pembasmian dengan melakukan penyemprotan dengan racun hama, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Karena binantang berwarna coklat dan hitam yang lazim disebut wereng hanya pindah sesaat

Tanaman padi terserang hama wereng itu terlihat menguning yang mengakibatkan pembuahan tidak normal. Bahkan ketika diperiksa pada bulir gabah itu banyak yang mengempes alias kosong. Peristiwa itu bukan hanya terjadi di Desa Sejahtera, namun serangan hama wereng itu juga terjadi di Desa Blang Manggeng, desa bertetangga.

Menurut Muhammad, serangan hama yang sporadic, artinya serangan hama tidak mengumpul dalam satu tempat melainkan berpencar-pencar itu terjadi diakibatkan karena penanaman tidak serentak. Buktinya tanaman padi yang penanamannya lebih cepat, yakni serentak dengan desa lain tidak diganggu oleh hama wereng.

“Tanaman padi yang diserang umumnya yang telat tanam,” katanya. Untuk menangkal hama kian meluas, pihaknya berharap dinas terkait untuk secepatnya memberantas hama wereng tersebut. “Kalau tidak segera diberantas, seluruh tanaman padi milik petani yang sedang bunting dan akan berbuah itu juga ikut terserang,” katanya.(az)
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
140114 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas