• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Serambi Indonesia

KIP Aceh Selatan belum Bersikap

Jumat, 18 Januari 2013 15:21 WIB
* Terkait Putusan Sela PTUN

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan sampai sejauh ini belum memutuskan menunda atau melanjutkan tahapan Pilkada Aceh Selatan yang saat ini sudah memasuki tahap kampanye. Menyusul adanya putusan sela Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh, Rabu (16/1) yang memerintahkan KIP menunda Pilkada Aceh Selatan, sampai adanya putusan akhir pengadilan.

Putusan sela PTUN ini ditetapkan menyusul dikabulnya gugatan bakal pasangan bakal calon Bupati/Wakil Bupati (Wabup) Aceh Selatan Drs Zulkarnaini MSi/Drs Irwan Yuni MKes yang menggugat Keputusan KIP Kabupaten Aceh Selatan Nomor 35 Tahun 2012, 9 Desember 2012 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati/Wabup Aceh Selatan.

Komisioner KIP Aceh Selatan, Jasmiadi Jakfar yang dikonfirmasi Serambi, Kamis (17/1) terkait putusan sela PTUN Banda Aceh terhadap gugatan pasangan bakal calon bupati/wabup Zulkarnaini/Irwan Yuni tersebut mengatakan, terhadap putusan sela PTUN itu sampai saat ini masih belum ada putusan apa pun. “Kita belum mengambil keputusan apa pun terhadap adanya putusan sela yang meminta pilkada ditunda dulu,” kata Jasmiadi.

Jasmiadi mengakui pihaknya telah menerima petikan putusan itu. “Tentunya kita tidak gegabah untuk memutuskan hal yang sangat penting ini. Maka saat ini kita sedang melakukan konsultasi dengan KIP Aceh dan KPU Pusat,” ujarnya.

Bahkan, petika putusan pengadilan tersebut sudah disampaikan ke KIP Aceh dan KPU Pusat. “KPU Pusat sampai tadi malam belum memberi arahan apa pun. Mungkin mereka akan melakukan rapat pleno dulu. Saya kira dalam dua hari ini sudah ada keputusan apa yang akan diambil. Negara kita negara hukum, tentu kita harus taat dan patuh pada putusan hukum,” ujarnya sembari mengakhir pembicaraan via telepon seluler.  

Seperti diberitakan kemarin, majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Banda Aceh mengabulkan gugatan bakal calon Bupati/Wabup Aceh Selatan Drs Zulkarnaini MSi/Drs Irwan Yuni MKes (penggugat) untuk menunda/menangguhkan pelaksanaan Keputusan KIP Aceh Selatan yang menetapkan enam calon memenuhi syarat ikut pilkada Aceh Selatan, tidak termasuk pasangan Zulkarnaini/Irwan Yuni.

Majelis hakim PTUN Banda Aceh diketuai Fajar Shiddiq Arfah SH dibantu hakim anggota Daily Yusmini MH dan Sahibur Rasid MH menetapkan hal itu dalam putusan sela, Rabu (16/1). “Memerintahkan tergugat menunda/menangguhkan pelaksanaan yang memenuhi syarat peserta pemilu Bupati/Wakil Bupati Aceh Selatan,” demikian isi penetapan itu.  

Isi penetapan putusan sela yang diperoleh Serambi dari kuasa hukum penggugat, Zulfikar Sawang SH, juga memerintahkan Panitera Pengganti PTUN Banda Aceh segera menyampaikan salinan penetapan ini kepada para pihak yang berperkara agar dapat dipatuhi dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.(sup)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
143974 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas