• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Serambi Indonesia

2014 Subulussalam Targetkan Bebas Malaria

Sabtu, 19 Januari 2013 11:41 WIB
SUBULUSSALAM – Kota Subulussalam tahun 2014 mendatang ditargetkan bebas dari penyakit malaria. Karenanya, semua stakeholder di daerah ini diminta berperan mendukung terwujudnya program tersebut.

”Kita berharap 2014 mendatang Subulussalam bebas malaria, untuk mewujudkan ini bukan hanya tugas dinas kesehatan tapi semua stakeholder berperan dan memiliki tanggungjawab untuk mendukung secara nyata,” kata Sekretaris daerah (Sekda) Kota Subulussalam, Damhuri saat membuka kegiatan desiminasi, sosialisasi dan advokasi Peraturan Gubernur Aceh No 40/2010 tentang Eliminasi Malaria di Kota Subulussalam, Kamis (17/1) di aula Setdako setempat.

Damhuri mengatakan, untuk mendukung program eleminasi malaria di Kota Subulussalam, 2013 merupakan kerja keras. Semua stakeholder, seperti Dinas Kebersihan, Lingkungan Hidup, Pekerjaan Umum harus membantu Dinas Kesehatan, termasuk kecamatan dan bidan desa juga ikut membantu.

Hal terpenting, kata Damhuri, menyangkut sosialisasi atau pencerahan kepada masyarakat terkait bahaya malaria dan bagaimana cara penanggulangan wabah penyakit tersebut. Selama menurut Damhuri, masalah sosialisasi bahaya malaria kepada masyarakat kerap terabaikan.

Karena itu, Damhuri mengingatkan perlunya sosialisasi sesegera mungkin menyangkut penyakit malaria di Subulussalam. ”Sosialisasi pencegahan malaria ini merupakan tugas umum selain menangani pelayanan dan tanggungjawab khusus dalam pelayanan kesehatan ibu hamil dan bayi atau penanganan masalah gizi,” tegas  Damhuri.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Subulussalam,  Adri SKM dalam laporannya menjelaskan ada 23 kasus malaria terjadi pada tahun 2011 yakni kecamatan Penanggalan 14 kasus, Runding 8 kasus dan Sultan Daulat 1 kasus. Sedangkan pada tahun 2012 terjadi  penurunan yang signifikan  dari 23 kasus menjadi 3 kasus.

Sementara dari tim Pengelola program malaria provinsi Aceh M.Jamil,SKM dalam paparannya mengatakan, program eliminasi malaria baru dikatakan berhasil  apabila tidak terdapat lagi penyakit malaria disuatu daerah selama tiga tahun berturut dengan pemantauan tim medis. Subulussalm yang termasuk dalam regional dua ditargetkan pada 2014 harus bebas malaria.(kh)
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
144214 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas