• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Sanggar Cut Nyak Dhien Pecahkan Rekor MURI

Jumat, 25 Januari 2013 10:10 WIB
* Kategori Penampilan Terbanyak oleh Satu Sanggar

BANDA ACEH - Sanggar Cut Nyak Dhien Banda Aceh di bawah pimpinan  Niazah A Hamid, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai sanggar dengan penampilan terbanyak saat tampil di Graha Bhakti Taman Ismail Marzuki Jakarta, Sabtu (19/1).

Rekor itu diraih sanggar binaan istri Gubernur Aceh tersebut menampilkan 20 tarian Aceh secara medley pada kegiatan dengan tema “Prosesi Adat Intat Linto dan Pagelaran Tari Seni Multikultural Aceh.”

Kabag Humas Pemerintah Aceh, Usamah El-Madny, dalam siaran pers yang diterima Serambi, kemarin, mengatakan, pada acara tersebut Sanggar Cut Nyak Dhien menampilkan 20 tarian Aceh meliputi adat intat linto, ranup lampuan, tarian piasan raya, tarian geunta, geudumbak, piasan luah blang, troen u laot, marhaban, saleum hekeumah, phoek teupon, likok pulo, guel, rateb meuseukat, seudati,  droep darut, rapai geleng, prang sabi, saman gayo, serta tarian rampoe.

Menurut Usamah, penampilan penari Sanggar Cut Nyak Dhien yang sangat memukau pada acara yang dibuka Gubernur Zaini Abdullah itu membuat penonton yang hadir termasuk sejumalah tokoh Aceh di Jakarta terus memberi applaus kepada mereka. Di antara tokoh Aceh yang hadir, sebutnya, adalah Ahmad Farhan Hamid, M Nasir Jamil, dan Abdurrahman BTM.

Ditambahkan, pemecahan rekor MURI tersebut merupakan kado istimewa HUT ke-37 Sanggar Cut Nyak Dhien. “Penampilan tarian Aceh tersebut di Taman Iskandar Muda (TIM) Jakarta itu adalah bagian dari upaya memperkenalkan kekayaan dan keindahan kebudayaan Aceh,” demikian Kabag Humas Pemerintah Aceh, Usamah El-Madny.(rel/jal)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
146743 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas