Jumat, 28 November 2014
Serambi Indonesia

KIP: Pilkada Aceh Selatan Tertib

Sabtu, 26 Januari 2013 18:34 WIB

Laporan Ansari Hasyim | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan proses pemungutan suara Pilkada Aceh Selatan yang berlangsung pagi tadi berjalan aman dan tertib. 

Anggota KIP Aceh Yarwin Adi Darma yang memantau langsung jalannya pemungutan suara di kabupaten penghasil pala itu melaporkan, hampir seluruh wilayah pemungutan suara berjalan sesuai harapan. 

"Bahkan beberapa lokasi yang kami datangi, termasuk di kawasan pedalaman, proses pemungutan suara berjalan tertib. Banyak warga yang datang ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya. Bisa kami katakan sejauh pantauan tadi proses berjalan aman," ujar Yarwin yang dikonfirmasi Serambinews.com dari Banda Aceh siang tadi.

Selain Yarwin, KIP Aceh juga menurunkan dua komisionernya ke Aceh Selatan untuk melihat dan memantau langsung proses Pilkada setempat. Yaitu Tgk Akmal Abzal dan Robby Syahputra.

Menurut Yarwin, kondisi tertib pada saat pemungutan suara tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan, tapi juga di wilayah pedalaman di Kecamatan Tapaktuan, Samadua, Sawang dan Meukek, berjalan tertib.

Hal yang sama juga dilaporkan anggota KIP Aceh Akmal Abzal yang memantau di lokasi Manggamat, Sawang dan sekitarnya. "Sejauh pantauan kami proses pemungutan suara berjalan lancar, dan normal. Apa yang terjadi hari ini terkesan benar-benar menjadi pesta rakyat," ujar Akmal.

Ketua KIP Aceh Selatan Lian Azwin kepada Serambinews.com mengatakan secara umum tidak ada kendala yang dihadapi pihak KIP dalam proses pemungutan suara Pilkada setempat. Sejak pagi hari, kata dia, warga sudah mulai mendatangi tempat pemungutan suara.
Menurutnya pemungutan suara sudah dihentikan sejak pukul 14.00 WIB tadi, dan dilanjutkan dengan tahapan penghitungan suara. "Soal logistik Alhamdulillah, terkendali dan semuanya cukup, tidak ada yang kurang," jelasnya.

Lian menyebutkan jumlah pemilih yang terdata sebagai pemilih tetap Pilkada Aceh Selatan sebanyak 147.862 jwia dengan jumlah tempat pemungutan suaranya sebanyak 395.

Cabup/Cawabup di Aceh Selatan
1. Hasmar Yulia/Mudasir (Independen)
2. M Saleh/Ridwan Rahman atau SAMAN (Partai Golkar, PPP dan PRA)
3. T Sama Indra/Kamarsyah alias SAKA (Partai Demokrat, PAN dan PKPB) 
4. T Darisman/Khaidir atau DK (PKPI dan SIRA)
5. M Natsir/Zulkifli atau WAPANG (Partai Aceh) 
6. Wahyu M Waly/Irwan Yasin (koalisi partai).(*)

Editor: zainalarifin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas