• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Gubernur Lantik 422 Pejabat Baru

Rabu, 6 Februari 2013 10:01 WIB
Gubernur Lantik 422 Pejabat Baru
SERAMBI/M ANSHAR
GUBERNUR Aceh, Zaini Abdullah melantik 412 pejabat eselon II, III, dan IV di jajaran Pemerintah Aceh di Anjong Mon Mata, Selasa (5/2).
* Lima Orang Eselon IIb

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Selasa (5/2) kemarin melantik 422 orang pejabat di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.  Di antaranya yang dilantik itu lima orang pejabat eselon IIb dan sisanya 417 orang lagi pejabat eselon III dan IV. Pelantikan itu merupakan kedua kali dilaksanakan Gubernur Zaini setelah 5 November 2012 melantik 30 pejabat eselon IIa.

Lima pejabat eselon IIb yang dilantik kemarin adalah dr Warqah Helmi sebagai Wakil Direktur Administrasi Umum RSUZA, dr Dahril SpU sebagai Wakil Direktur Penunjang, dr Fahrul Jamal SpAn sebagai Wakil Direktur Pelayanan RSUZA Banda Aceh.

Selain itu, dr Amren Rahim MKes dilantik sebagai Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh dan Saifuddin SE MM sebagai Kepala Sekretariat Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh.

Pelantikan lima pejabat eselon IIb tersebut disatukan dengan pelantikan 417 pejabat eselon III dan IV lainnya untuk sejumlah Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA). Di antaranya, pengisian pejabat eselon III dan IV di delapan dinas baru, hasil pemekaran empat dinas. Yakni, Dinas Bina Marga, Dinas Cipta Karya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Dinas Keuangan, serta Dinas Pendapatan dan Kekayaan Aceh.

Begitu juga dengan biro hukum dan humas yang telah dipecah dua. Pejabat eselon III dan IV-nya kemarin telah dilantik Gubernur Zaini bersamaan dengan pelantikan 417 pejabat eselon III dan IV lainnya.

Pelantikan 417 pejabat eselon III dan IV dari berbagai SKPA itu, memberikan makna bahwa Gubernur Zaini telah memenuhi janjinya akan melantik pejabat eselon III dan IV untuk dinas dan biro yang baru dimekarkan, setelah pengesahan RAPBA 2013. Tujuannya, supaya masing-masing SKPA baru itu, bisa terus bekerja mempersiapkan pelaksanaan program dan kegiatan APBA 2013.

Pelantikan itu terkesan sangat dadakan dan mengejutkan. Pegawai yang akan dilantik, kabarnya diberi tahu antara pukul 10.00-12.00 WIB. Akibatnya, banyak pegawai yang akan dilantik menjadi pejabat eselon III dan IV tidak sempat pakai baju putih dan baju jas. Sebagian mereka ada yang masih memakai baju seragam PNS, langsung ke tempat pelantikan di Anjong Mon Mata.

Sejumlah pegawai menyatakan, banyak wajah baru dalam pengisian jabatan eselon III dan IV kali ini. Kalau dihitung persentasenya bisa mencapai 80 persen dari 422 orang yang dilantik Gubernur Zaini. Gubernur Zaini dalam pidatonya meminta para pejabat eselon IIb, III, dan IV yang dilantik kemarin bisa bekerja cepat dan tepat. Kemudian, mulailah dengan menginventarisir potensi dan masalah yang menjadi kendala di unit kerja masing-masing.

“Jadi pejabat itu harus inovatif, antisipatif, kreatif, solid, dan proaktif dalam melaksanakan tugas. Buat telahaan dan rumuskan formulasi kebijakan sebagai bahan pertimbangan pimpinan untuk pengambilan kebijakan,” wejang Gubernur Zaini.

Di akhir pidatonya, Gubernur Zaini menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi pedoman bagi pejabat eselon II, III dan IV yang baru dilantik. Di antaranya senantiasalah menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab. (her)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
151763 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas