A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

KIP: Kemungkinan Aceh Jadi 10 Dapil - Serambi Indonesia
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Serambi Indonesia

KIP: Kemungkinan Aceh Jadi 10 Dapil

Jumat, 8 Februari 2013 10:18 WIB
* Jumlah Pemilih Potensial 3,4 Juta Orang

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyebutkan, penyelenggaraan Pemilu 2014 di Aceh akan mengalami beberapa perubahan sebagai dampak dari meningkatnya jumlah penduduk Aceh, yang saat ini sudah mencapai 5 juta jiwa. Di antaranya, jumlah pemilih yang sebelumnya terbagi atas 8 daerah pemilihan (dapil), Pemilu 2014 nanti di Aceh diperkirakan menjadi 10 dapil.  

“Perkiraan ini baru kemungkinan. Nanti kalau peraturan KPU sudah ada kita akan sosialisasikan kepada semua stakeholder Pemilu. Saat ini ada 8 dapil untuk DPRA, kemungkinan bertambah menjadi 10 dapil,” kata Wakil Ketua KIP Aceh, Ilham Saputra, seusai penyerahan daftar pemilih potensial Pemilu 2014 (DP4) dari Pemerintah Aceh kepada KIP Aceh di Aula Serba Guna, Setda Aceh, di Banda Aceh, Kamis (7/2).

Perubahan juga akan terjadi untuk DPRK Pidie dan Aceh Barat, yang menurut Ilham, jumlah kursi caleg dan dapilnya kemungkinan akan berkurang dari pemilu sebelumnya, disesuaikan dengan jumlah penduduk. “Sementara jatah kursi untuk calon anggota DPR RI tetap 13 kursi dengan 2 dapil. Sedangkan untuk DPRA kemungkinan menjadi 81 kursi,” katanya.

Menurut Ilham, perubahan dapil bisa dimungkinkan untuk provinsi jika data penduduk yang ada melebihi dari 12 kursi atau kurang dari 3 kursi. “Misalkan dapil Krueng Barona Jaya dan Darul Imarah di Aceh Besar, digabung meski secara geografis tidak berhubungan sama sekali, dan tidak berbatasan langsung. Nah itu yang nanti menjadi dasar pertimbangan kita untuk mengubah dapil,” ujarnya.

Ilham juga menjelaskan bila mengacu pada jumlah lebih dari 12 kursi, kemungkinan akan ada beberapa daerah di Aceh yang dapilnya akan berdiri sendiri. “Kita sudah hitung-hitung. Misalkan Aceh Timur, Langsa dan Tamiang. Aceh Timur kita pisahkan sendiri. Kalau kita gabung tiga daerah itu melebihi 12 kursi. Sama seperti Bener Meriah, Aceh Tengah dan Bireuen. Kalau kita gabung semua, melebihi 12 kursi. Jadi Bireuen sendiri. Sedangkan Aceh Tengah dan Bener Meriah gabung,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Pendaftaran Pemilih KIP Aceh Tgk Akmal Abzal mengatakan, DP4 yang nanti akan dijadikan sebagai daftar pemilih sementara (DPS), yang sudah diterima KIP selanjutnya akan dikoordinasikan dengan KIP kabupaten/kota. “Selanjutnya kita akan duduk lagi dengan KIP kabupaten/kota untuk menyinkronkan data yang diberikan pemerintah kepada kita untuk menyusun DPS,” ujarnya.

Menurutnya dalam penyusunan DPS, KIP Aceh membuka ruang kepada semua elemen untuk berpartisipasi seperti partai, masyarakat dan lainnya untuk menyempurnakan DPS menjadi DPT yang valid. “Untuk masuk DPS ini harus tercantum NIK, nama dan alamat. Ini kan belum kita cek. Maka nanti perlu kita koordinasikan kembali dengan kabupaten/kota dan pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya DP4 pemilu 2014 diserahkan Pemerintah diwakili Asisten III Setda Aceh Muzakkar yang diterima Ketua KIP Aceh Abdul Salam Poroh. DP4 yang diserahkan itu seluruhnya berjumlah 3.472.179 jiwa. Dari total DP4, terbanyak adalah Kabupaten Aceh Utara mencapai 378.953 jiwa, dan terendah Kota Sabang 24.168 jiwa.(sar)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
152454 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas