Unsyiah Buka Prodi Statistika

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mulai tahun ini membuka Program Studi S1 Statistika. Program tersebut merupakan prodi pertama

* Pertama di Sumatera

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mulai tahun ini membuka Program Studi S1 Statistika. Program tersebut merupakan prodi pertama yang ada di Sumatera dan terbaru di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unsyiah.

Dekan FMIPA Unsyiah, Dr. Hizir Sofyan, Minggu (10/2) lalu kepada Serambi mengatakan sejauh ini program studi Statistika umumnya ada di Pulau Jawa pada perguruan tinggi utama nasional seperti IPB, ITS, dan UGM.  “Ada juga di Unhas, Sulawesi dan satu di Kalimantan. Tapi belum ada di Sumatera. Alhamdulillah, mulai tahun ini kita bisa menawarkan program ini untuk calon mahasiswa di Aceh dan bagian Sumatera lainnya,” katanya.

Ketua tim penyiapan Prodi S1 Statistika, Dr. Saiful Mahdi, M.Sc mengatakan, Prodi Statistika itu nantinya akan menawarkan 4 Bidang Minat. (baca 4 prodi statistika). Menurutnya, kebutuhan tenaga di bidang ini sangat besar di tingkat nasional maupun internasional.(ari)

Rektor Mendukung Penuh
REKTOR Unsyiah Prof Samsul Rizal MEng menjelaskan, berdasarkan data dari Ditjen Dikti menunjukkan selama ini hanya sekitar 25% calon mahasiswa yang berminat melanjutkan studi tingkat sarjana pada bidang Statistika yang dapat tertampung di berbagai perguruan tinggi. Selebihnya terpaksa memilih belajar bidang lainnya.

“Lulusan SMA di Sumatera yang hendak menekuni bidang ini selama ini harus kuliah ke Pulau Jawa. Tentu saja ini membatasi pilihan anak-anak kita di Aceh dan Sumatra,” jelas Rektor.

Samsul Rizal juga menyatakan dukungannya atas kehadiran prodi tersebut dan akan menfasilitasi kehadiran Prodi S1 Statistika Unsyiah sehingga Prodi ini dapat menjadi salah satu Prodi unggulan di Unsyiah. “Kita harus menunjukkan bahwa Prodi ini bukan hanya yang pertama di Sumatra, tapi nantinya menjadi yang terbaik,” ujarnya.(ari)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help