• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Pendaftaran Beasiswa di MPD

Kamis, 21 Februari 2013 09:32 WIB
* Berkas Mulai Diterima Awal Maret

LHOKSEUMAWE - Mahasiswa Aceh Utara yang ingin memperoleh beasiswa dari Pemkab setempat dipersilakan mengantar berkasnya ke kantor Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Utara. Karena sesuai surat Bupati Aceh Utara, MPD setempat adalah lembaga yang menerima dan menyeleksi berkas beasiswa untuk mahasiswa strata satu (S1) dan diploma III yang sedang menyusun tugas akhir (skripsi/laporan).  

Berkas yang telah lengkap syaratnya akan mulai diterima awal Maret mendatang.  “Jumlah dana yang tersedia dari APBK 2013 untuk membantu mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir (skripsi atau laporan) sebesar 1,2 miliar rupiah. Dana itu kita prioritaskan bagi mahasiswa kurang mampu,” jelas Ketua MPD Aceh Utara, Ibrahim Bewa, menjawab Serambi Rabu (20/2) terkait permintaan sejumlah mahasiswa agar Pemkab Aceh Utara memperjelas pengumuman beasiswa itu.

Kepada mahasiswa yang ingin mengajukan berkas beasiswa itu, Ibrahim berharap dapat melampirkan syarat yang telah ditentukan. “Kita rencanakan beasiswa kita berikan 2 juta rupiah per mahasiswa. Namun, jika mahasiswa yang mengajukan berkas tidak banyak, jumlah beasiswanya bisa bertambah,” ujar Ibrahim.

Ia menargetkan proses penerimaan beasiswa bisa selesai dalam waktu sebulan. Sebab, setelah pengumuman penerimaan berkas ditutup, pihaknya akan memverifikasi berkas tersebut. “Jika ada mahasiswa yang belum melengkapi persyaratan, akan kita beri waktu kembali untuk melengkapinya. Tapi, jika sampai batas waktu yang ditentukan tak juga melengkapi, dianggar gugur,” katanya. Ibrahim berharap beasiswa itu nantinya akan dapat meringankan beban mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir.

Sementara itu, puluhan mahasiswa, siang kemarin, mendatangi kantor MPD Aceh Utara setelah mendatangi Kantor Bupati Aceh Utara untuk mengajukan berkas beasiswa. Namun, berkas yang diajukan mereka ditolak petugas, karena belum ada pengumuman. Karena itu mahasiswa meminta pemkab Aceh Utara segera mengumumkan kejelasan tempat penerimaan berkas beasiswa tersebut.(c37)

Jangan Dipersulit

KITA memberi apresiasi terhadap kebijakan Pemkab Aceh Utara yang kembali menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir, karena sudah empat tahun dana untuk beasiswa tidak diplot dalam APBK. Namun, kita berharap proses penerimaan berkas tidak dipersulit dan harus selektif dalam proses verifikasinya. Penerima beasiswa juga harus diumumkan, supaya lebih transparan dan tak menimbulkan kecurigaan di kalangan mahasiswa.
* Firdaus Noezula, Ketua BEM Universitas Malikussaleh.(c37)
Editor: bakri
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
157104 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas